Komnas HAM RI ke Jokowi: Kami akan ketemu Benny Wenda, Ketua ULMWP

Komnas HAM RI ke Jokowi: Kami akan ketemu Benny Wenda, Ketua ULMWP
Ilustrasi

No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal 

JAKARTA – Komnas HAM menegaskan bahwa kubu pro-kemerdekaan Papua akan jadi kelompok prioritas untuk diundang dalam dialog damai dengan Jakarta.

Dialog damai Jakarta-Papua akan diinisiasi Komnas HAM. Presiden Joko Widodo, Panglima TNI hingga Kapolri dan sejumlah petinggi negara disebut telah setuju dengan pelaksanaan dialog damai itu.

“Terutama yang pro-kemerdekaan harus diajak dialog, tidak bisa kalau tidak. Paling pokok, ya, mereka. Saya katakan ke pemerintah juga waktu itu, tidak bisa kita menolak memulai komunikasi dengan tokoh kemerdekaan Papua yang memang masih didengar oleh banyak pihak,” ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik ditemui di Hotel Shangri-la Jakarta, Rabu (9/3/2022).

“Kami bilang, kami akan ketemu Benny Wenda (Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat/ULMWP, United Liberation Movement for West Papua),” lanjutnya.

______
Kedua kubu disebut sudah mengetahui rencana inisiasi dialog damai ini, termasuk rencana Komnas HAM membangun komunikasi dengan Benny Wenda dan kubu pro-kemerdekaan lain.

Namun demikian, Taufan menyatakan bahwa selain kubu pro-kemerdekaan Papua, tokoh-tokoh sipil lain di Papua juga akan diajak bicara.

Apabila tokoh-tokoh tersebut bersedia dialog dengan Jakarta, dan di sisi lain Istana pun bersedia, maka dialog damai secara langsung antara kedua kubu bisa dilangsungkan.

“Paling pokok ya mereka (kubu pro-kemerdekaan). Tapi kan ada juga yang lain, misalnya tokoh adat yang tidak bicara merdeka atau tidak merdeka tapi bicara perlindungan hak ulayat mereka, tokoh gereja lain lagi misalnya, tapi tokoh OPM adalah yang paling pokok,” ungkapnya.

“Meskipun ini lembaga negara, istilahnya Indonesia, mereka masih sangat menghormati. Tim kita di sana sering bertemu dan saling kontak. Dan mereka bersedia, kalau difasilitasi Komnas HAM, mereka katakan bersedia,” jelas Taufan.

Rencananya, tim dari Komnas HAM akan diberangkatkan ke Papua pekan depan untuk mulai membangun komunikasi, dengan harapan dialog damai Papua-Jakarta bisa berlangsung tahun ini.

Meski demikian, Taufan tak menampik bahwa upaya membangun rencana dialog damai Papua-Jakarta bukan perkara mudah dan butuh waktu lama tergantung situasi politik, konflik, serta keamanan.

“Kita masih mau lihat situasinya, nanti kita atur strateginya,” tuturnya.

______
Baca juga:
Posted by: Admin
Copyright ©Kompas.com “sumber” 
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Related posts