0
FOTO: Tiga (3) komando militer Papua antara lain TRWP [Tenatar Revolusi West Papua], TNPB [Tentara Nasional Papua Barat] dan TNPB [Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat] bersatu dalam The West Papua Army (WPA) atau Tentara West Papua. (Image: doc. ULMWP)
No. 1 PAPUA Merdeka News
|
Portal 

PORT NUMBAY | West Papua Army (WPA) terdiri dari penyatuan tiga komando sayap militer West Papua yaitu; TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat), TNPB (Tentara Nasional Papua Barat) dan TRWP (Tentara Revolusi West Papua) yang masing-masing memiliki Markas Komando dan Disiplin Militernya dari Sorong – Merauke.

WPA (West Papua Army) dibentuk atas kehendak dari Tiga Komando tersebut yang disampaikan dan direkomendasikan melalui KTT ULMWP tahun 2017, di Vanuatu.

West Papua Army dibentuk berdasarkan Prinsip Rekonsiliasi dan Konsolidasi Internal Militer atas Kehendak Luhur dari Tiga Komando yang memiliki Sejarah Gerilya Sejak 1964 - Batalyon Kasuari dan Mambruk dan juga 1973 – TPN.PMK dan TAPENAL.

Komando TPNPB, TNPB dan TRWP mereka telah memutuskan dan melahirkan sebua Nama Persatuan Militer yaitu WPA (West Papua Army), namun belum dileburkan dalam satu Struktur Komando dengan alasan yang sangat mendasar, tapi dikemudian hari akan dipertimbangkan Format dan Bentuk Struktur yang Efektif dan bisa disepakati bersama.

Format Persatuan sementara yang disepakati yaitu WPA mendukung penuh dan berkoordinasi dengan ULMWP, sebagai Komando Politik.
_________
Penulis adalah Kepala Departemen Pertahanan dan Keamanan ULMWP (United Liberation Movement for West Papua).


Posted by: Admin
Copyright ©ULMWP "sumber" 
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a comment

 
Top
banner