0
Pemimpin Kemerdekaan Papua, Benny Wenda Masuk dalam Daftar Tokoh Populer Dunia 2019
Pemimpin Kemerdekaan Papua, Ketua ULMWP Mr. Benny Wenda, (AFP)
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

Deretan Tokoh Populer Sepanjang 2019

Sepuluh tokoh populer di laman berita MataMataPolitik: Donald Trump hingga Benny Wenda.
Pemimpin kemerdekaan Papua, ketua ULMWP Mr. Benny Wenda masuk dalam daftar tokoh terpopuler tahun 2019.

Deretan tokoh populer yang ramai diperbincangkan selama 2019, ternyata selain nama-nama besar seperti Donald Trump, Jokowi, Xi Jinping, tokoh Papua Merdeka, Benny Wenda masuk dalam daftar di urutan ke-6.

Dalam daftar yang disusun berdasarkan tingkat pencarian paling tinggi dan keterbacaan paling banyak, dan posisi perempuan hanya diisi oleh Melania Trump dan Sri mulyani.

Berikut daftar lengkapnya:

1. DONALD TRUMP

Pria kelahiran New York, 14 Juni 1946 ini adalah pebisnis, tokoh relevisi, politikus, dan Presiden Amerika Serikat yang ke-45. Ia memiliki organisasi kelas kakap di bidang properti bertajuk The Trump organization. Sepanjang kariernya sebagai taipan, pelbagai proyek telah ia bangun, mulai dari perkantoran, hotel, kasino, lapangan golf, dan lainnya.

Pada 2016, ia berhasil membungkam Hillary Clinton, rivalnya di Pemilihan Presiden. Saat itu, ia menumpang Partai Republik sebagai kendaraan politiknya. Sejak menjadi Presiden AS, namanya kian melambung. Bukan karena prestasi, tapi kontroversi yang kerap ia torehkan. Ia mashur sebagai pemimpin yang kerap menebar hoaks, menyerang orang secara frontal di Twitter, termasuk Greta Thunberg, Nancy Pelosi, hingga Ilhan Omar.

Di laman berita ini, Trump paling banyak dikaitkan dengan pemberitaan seputar perjanjian dagang AS-China, NAFTA, penegakan hukum imigrasi, pembatalan UU Layanan Kesehatan yang terjangkau, serta sikapnya yang anti-Islam.

2. JOKOWI

Jokowi resmi memborong tiket sebagai Presiden RI untuk periode ke-2 pada 2019. Pria kelahiran Solo, 21 Juni 1961 tersebut didukung oleh koalisi gemuk saat Pilpres tahun ini. Yang berbeda dari periode pertama kepemimpinannya, Jokowi justru menunjukkan perubahan sikap yang signifikan, dari yang mulanya dekat dengan akar rumput, menjadi makin lengket dengan kalangan pengusaha dan politikus.

Di 2019, ia terkenal dengan pemberitaan seputar ambisi pembangunan infrastruktur, wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, pelanggengan kekuasaan lewat dinasti politik, bagi-bagi kue sebagai strategi Jokowi merangkul semua kalangan termasuk oposisi. Ia juga dikenal sebagai Presiden yang melakukan pembiaran atas protes besar #ReformasiDikorupsi.

3. PRABOWO

Mantan saingan Jokowi di Pilpres 2019 itu memang relatif tak bisa dilepaskan dari pemberitaan. Setelah dikenal paling keras menghantam Jokowi dan mengkritisi seluruh kebijakannya, pada Oktober 2019, eks menantu Soeharto itu justru balik badan dengan menerima pinangan Jokowi sebagai Menteri Pertahanan.

Di laman berita ini, Prabowo dikaitkan dengan isu seputar pertahanan negara, mulai dari kunjungannya ke negara tetangga membahas wacana pertukaran perwira militer, belanja alutsista, dan sebagainya.

4. XI JINPING

Pria 66 tahun itu adalah Sekretaris Jenderal Partai Komunis sekaligus Presiden ke-7 Tiongkok. Dalam pemberitaan di laman MataMataPolitik, Xi banyak dikaitkan dengan isu perang dagang AS-China, isu Laut China Selatan, dugaan pelanggaran HAM berat atas Muslim Uighur, dan protes Hong Kong yang menuntut China agar memberikan lebih banyak independensi pada wilayah itu.
5. VLADIMIR PUTIN

Mengutip Tirto.id, Vladimir Vladimirovich Putin adalah seorang politikus asal negeri Beruang Merah yang menjabat sebagai Presiden Rusia sejak 7 Mei 2012 hingga kini. Putin sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden Rusia periode 2000-2008 serta pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia periode 1999-2000 dan 2008-2012.

Putin lahir pada 7 Oktober 1952 di St. Petersburg yang saat itu dikenal dengan nama Leningrad. Putin merupakan anak tunggal, karena kedua saudaranya meninggal ketika masih kecil. Ketika remaja ia dipanggil dengan sebutan Putka. Ayahnya, Vladimir Spiridonovich Putin adalah seorang karyawan lepas dari sebuah pabrik dan meninggal pada tahun 1999. Putin memiliki kemampuan bahasa Inggris dan bahasa jerman yang cukup baik, serta kemampuan bela diri sambo (bela diri asal Rusia).

Putin selalu dikaitkan dengan pemberitaan seputar hubungan diplomatik dengan AS, kekacauan dengan musuh abadinya Ukraina setelah mencaplok Crimea, serta berita soal gertakan meluncurkan nuklir.

6. BENNY WENDA

Benny Wenda lahir di Papua, 17 Agustus 1974. Ia saat ini menjadi pemimpin kemerdekaan Papua Barat, Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat (United Liberation Movement for West Papua—ULMWP), dan pendiri kampanye Bebaskan Papua Barat.

Wenda sebelumnya pernah dipenjara karena aktivitas pemberontakannya dan ia saat ini mendapat suaka di Inggris. Di pengasingan, ia memimpin kampanye penentuan nasib sendiri yang menurut para separatis tidak mereka dapatkan, sejak Indonesia memperoleh kontrol yang diakui secara internasional atas Papua Barat melalui pemungutan suara yang disengketakan 50 tahun yang lalu.

Hingga kini, berita-berita yang berkelindan dengannya adalah soal konsistensi ia memimpin usulan untuk memerdekaan diri dari Indonesia.
7. AHOK

Mantan Gubernur DKI ini hangat diperbincangkan usai penunjukkannya menjadi Komisaris Utama Pertamina. Ia sempat dijegal beberapa kali karena statusnya sebagai mantan narapidana kasus pelecehan agama. Ia juga dianggap tak punya pengetahuan dan pengalaman memadai untuk memimpin perusahaan energi tersebut.

8. MELANIA TRUMP

Hampir semua pemberitaan Melania selalu dikaitkan dengan suaminya yang juga tak kalah kontroversial, Donald Trump. Seringkali, Ibu Negara yang sering dikritik karena gaya busana yang tak tepat itu dikaitkan dengan pemberitaan soal isi Twitter-nya, komentarnya soal pemakzulan suami, momen ketika ia dicemooh di Baltimore, dan kunjungan kenegaraan bersama sang suami.

9. ANIES BASWEDAN

Orang nomor satu DKI Jakarta itu paling banyak dikaitkan dengan pemberitaan seputar kebijakannya di Ibu Kota. Selain isu banjir dan pencopotan penghargaan untuk Diskotek Colosseum beberapa waktu lalu, Anies juga kerap diberitakan soal kebijakannya yang karut marut. Sebut saja, penataan DKI yang hanya mementingkan estetika, alih-alih merampungkan masalah. Lalu, ia juga dikaitkan dengan berita seputar bursa calon wakilnya yang masih kosong. Terakhir, ia banyak disinggung setelah skandal laporan janggal APBD DKI dibuka pada publik.

10. SRI MULYANI

Menteri Keuangan dua periode ini paling sering diberitakan jika menyangkut urusan perang dagang dan efeknya pada ekonomi domestik, kebijakannya menaikkan harga cukai rokok, radikalisme di tubuh Kemenkeu, hingga belanja APBN dan utang negara 2019 yang membengkak.

Penulis dan editor: Purnama Ayu Rizky

Keterangan foto utama: Ibu Negara AS Melania Trump bersiap untuk mencium Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di samping Presiden AS Donald Trump dalam sesi foto bersama KTT G7 di Biarritz, Prancis, 25 Agustus 2019. (Foto: Reuters/Carlos Barria)


Posted by: Admin
Copyright ©MataPolitik | Bazoka Logo "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a comment

 
Top
banner