0
Ini Seruan ULMWP untuk 1 Desember 2019
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

S E R U A N

“IBADAH DAN DOA BAGI BANGSA PAPUA”
Memperingati 58 Tahun Manifesto Politik West Papua

Sejarah 58 tahun lalu, tepatnya 1 Desember 1961 - Dewan Perwakilan Nasional Bangsa Papua yang pertama saat itu disebut (Nieuw Guinea Raad) bersama Pemerintah Kerajaan Belanda atas nama Ratu Yuliana secara resmi telah mendeklarasikan Embrio Negara West Papua, ditandai dengan pengibiran bendera West Papua Bintang Fajar dan diiringi lagu kebangsaan Hai Tanaku Papua di seantero West Papua, yang kemudian ini disebut sebagai manifesto Politik Bangsa Papua – diperingati setiap tanggal 1 Desember.

Melalui Deklarasi ini, untuk pertama kalinya sejumlah atribut Negara West Papua telah diumumkan adalah: (1). Bendera Negara – Bintang Fajar, (2). Lambang Negara – Burung Mambruk, (3). Semboyan Bangsa – One People One Soul, (4) Lagu Kebangsaan – Hai Tanaku Papua, (5). Batas Teritori – Sorong-Merauke. Deklarasi ini telah diakui secara de facto dan de jure, namun itu tidak bertahan lama, karena setelah 19 hari secara bertahap pada: 1). 19 Desember 1961, Indonesia telah meng-aneksasi West Papua melalui deklarasi Trikora yang dikeluarkan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno menyerukan untuk dibubarkannya cita-cita bangsa Papua dengan menyebutnya sebagai negara “boneka”, dan melakukan mobilisasi militer serta transmigran besar-besaran ke Papua – hingga pada akhirnya embrio bangsa Papua yang baru lahir itu dikubur oleh Indonesia secara paksa, 2). 15 Agutus 1962 New York Agreement terjadi, 3). 1 Mei 1963 penyerahan administrasi dari UNTEA ke Indonesia terjadi, hingga puncak terlaksananya PEPERA 4). pada tahun 1969 penuh dengan cacat hukum dan cacat moral.

Peristiwa tahun 1960-an itu menjadi awal catatan hitam bagi kami West Papua, hingga tahun 2019 – genap usia ke 58 tahun – yang kemudian di usia ini kami serukan sebagai hari doa pemulihan bagi bangsa Papua.

Perjuangan terus berlanjut –kini bangsa Papua telah berada dalam perahu dan rumah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), yang terus memperjuangkan Hak untuk Menentukan Nasib Sendiri. Oleh karena itu, kami serukan kepada seluruh rakyat di West Papua dan element perjuangan bangsa Papua dari Sorong – Merauke serta solidaritas dimana pun Anda berada untuk secara bersama-sama memperingati 58 tahun Manifesto Politik West Papua ini dengan melakukan “Ibadah dan Doa Pemulihan” serentak di West Papua, Indonesia dan Komunitas Internasional.

Untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya, Aksi Doa dan Ibadah bersama akan digelar pada:
  • Hari-Tanggal : Minggu, 1 Desember 2019
  • Waktu : Pukul 11.30 WPt – selesai
  • Tempat : Lapangan Trikora – Abepura, Jayapura – Papua
Demikian seruan ini dengan sesungguhnya kami keluarkan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapakan banyak terima kasih, Tuhan memberkati.

UNITED LIBERATION MOVEMENT FOR WEST PAPUA (ULMWP)

PENANGGUNG JAWAB

BIRO POLITIK

ttd
BAZOKA LOGO

M E N G E T A H U I

1). LEGISLATIF ULMWP
2). EKSEKUTIF ULMWP
3). YUDIKATIF ULMWP

Posted by: Admin
Copyright©FB (BAZOKA LOGO) "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top