0
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

Pernyataan, 12 September 2019

United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan orang Papua ingin menyampaikan duka mendalam dan belasungkawa kami yang mendalam kepada Pemerintah dan rakyat Kerajaan Tonga atas meninggalnya Perdana Menteri ʻAkilisi Pōhiva pada 12 September 2019.

Selama masa berkabung ini, pikiran dan doa kita bersama keluarga yang ditinggalkan dan orang-orang di Tonga. Orang-orang Papua berbagi rasa duka dan kehilangan yang besar dan ingin memberikan penghormatan kepada pria hebat ini yang telah mencapai, dalam masa hidupnya, jauh lebih banyak dari yang kita cita-citakan.
Pesan Belasungkawa dari ULMWP kepada Pemerintah dan Rakyat Tonga
United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) bersama Perdana Menteri Tonga, Akilisi Pōhiva usai mengikuti Pertemuan tingkat Pimpinan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) di Tuvalu, tanggal 13-16 Agustus 2019, yang mana dalam pertemuan itu telah memutuskan tentang Penentuan Nasib Sendiri bagi West Papua, yang kemudian disebutkan dalam 3 komunike sekalian. Pic. Doc. ULMWP
Perdana Menteri ʻAkilisi Pōhiva, yang memperjuangkan gerakan pro-demokrasi dan menantang status quo untuk rakyatnya, selalu mempertahankan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Pasifik selama tahun-tahun politiknya, dan terus berjuang untuk hak asasi manusia dan hak penentuan nasib sendiri untuk West Papua.

Kami menghormati dukungannya yang berkelanjutan untuk West Papua, terutama pesan khidmat di pertemuan Pemimpin Pasifik baru-baru ini di Tuvalu bahwa, ‘kita tidak boleh membiarkan orang lain mengendalikan kita. Kita harus berdiri bersama dalam solidaritas dan mendukung rakyat West Papua. 'Kami menyatakan rasa hormat kami yang terdalam dan paling tulus atas kata-katanya yang berani dan keyakinannya yang teguh.

Tuan. Pohiva akan selalu diingat sebagai salah satu negarawan terbesar Pasifik, yang telah mendapatkan tempatnya dalam sejarah sebagai penganjur perubahan iklim. Warisan Pak Pohiva mengingatkan kita bahwa nilai-nilai demokrasi dan Pasifik tidak pernah dapat diterima begitu saja; sebaliknya, mereka harus selalu dihargai, dipupuk, dan dipertahankan. Dia bertahan dan tabah dalam memperjuangkan nilai-nilai ini yang mengikat kita dalam kemanusiaan kita bersama. Karismanya, kebaikan luar biasa, dan belas kasihnya meninggalkan kesan yang tak terhapuskan pada semua orang Papua.

Kami orang Papua mendapatkan inspirasi dari dedikasi dan upaya tanpa pamrih seumur hidup Pak Pohiva untuk mempromosikan budaya perdamaian, solidaritas, dan penentuan nasib sendiri di Pasifik.

Sebagai penutup, izinkan kami sekali lagi untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas meninggalnya Yang Terhormat Perdana Menteri ʻAkilisi Pohiva.


Benny Wenda
Ketua

ULMWP
[email protected]


Posted by: Admin
Copyright ©The ULMWP official site "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top