0
Samoa Amerika: Masalah West Papua Tidak Bisa Diabaikan Lagi, Perlu Ditinjau!
Perdana Menteri Samoa Amerika, Hon. Tuilaepa Aiono Sailele Malielegaoi (tengah) tiba di Funafuti, Tuvalu (11/08) mengikuti pertemuan PIF yang berlangsung dari tanggal 13-16 Agustus 2019. (img doc. Kesekretariatan PIF)
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

FUNAFUTI, Tuvalu - Pertemuan pemimpin Pasifik Island Forum (PIF) dimulai, sesi dialog antara organisasi sipil dengan pemimpin Forum diadakan, Rabu, (14/08/2019).

Samoa Amerika yang adalah negara anggota PIF dikabarkan, telah menegaskan posisinya untuk West Papua.

"Masalah West Papua telah diangkat dalam forum ini berulang-ulang. Jika diangkat lagi kembali di forum berikutnya, maka [dapat disimpulkan] ada sesuatu yang salah dengan kami." tandas Perdana Menteri Samoa, Hon. Tuilaepa Aiono Sailele Malielegaoi, (14/08).

Perdana Menteri Samoa kemudian menyerukan agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera menanggapi undangan Indonesia untuk mengunjungi West Papua, untuk dilakukannya penilaian atas kondisi masalah hak asasi manusia di sana.

Lihat ini: (Upaya Indonesia 'Ganggu' ULMWP pada Pertemuan PIF di Tuvalu)

Samoa ingin agar pemimpin Pasifik meninjau posisi untuk West Papua. Menurutnya, tidak ada yang berubah sejak posisi pimpinan forum pada tahun-tahun sebelumnya.

"Masalahnya tidak bisa diabaikan lagi, ketika orang-orang sekarat," tegas Samoa.

Pertemuan PIF

Pertemuan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) resmi dibuka kemarin (13/08) sore, di Funafuti, Tuvalu. Para pemimpin Forum dari 18 negara anggota dipastikan telah hadir, termasuk United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) selaku representasi [perwakilan] West Papua.

Masalah West Papua menjadi menjadi salah satu agenda prioritas dalam pertemuan pemimpin Forum kali ini (*).
__
Baca ini:
  1. Sarapan Pagi, PM Solomon dan PM Papua Nugini Diskusi Soal West Papua
  2. Manasseh Sogavare: Solomon Island dan Vanuatu Sepakat Kunjungan PBB ke West Papua

Posted by: Admin
Copyright ©tabloid-wani.com/viaPIF "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top