0
Pertemuan PIF di Tuvalu, Sekretaris Dalam Negeri David Bernhardt Pimpin Delegasi A.S
David Bernhardt (talanei.com)
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

"Sekretaris Dalam Negeri, David Bernhardt Memimpin Delegasi A.S. Hadir di Tuvalu untuk Dialog Mitra di Forum Kepulauan Pasifik"

WASHINGTON - Sekretaris Dalam Negeri, David L. Bernhardt akan memimpin delegasi pemerintah AS - terdiri dari pejabat senior dari Gedung Putih, Departemen Luar Negeri AS, Departemen Pertahanan AS, Komando Indo-Pasifik AS, Departemen Dalam Negeri AS, Penjaga Pantai AS(cabang Angkatan Bersenjata A.S), Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, dan Badan Pengembangan Internasional AS — untuk berpartisipasi dalam Sesi pertemuan Pimpinan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dengan Mitra Dialog Forum pada 16 Agustus 2019 di Tuvalu.

"Merupakan hak istimewa untuk memimpin delegasi Amerika Serikat sebagai Mitra Dialog Forum untuk bertemu dengan para pemimpin Pulau Pasifik di Forum Kepulauan Pasifik ke-50 di Tuvalu," kata Sekretaris Bernhardt,“ sebagaimana ditekankan oleh Presiden A.S, Donald Trump dalam pertemuannya baru-baru ini di Gedung Putih dengan presiden Negara Federasi Mikronesia, negara Republik Kepulauan Marshall, dan negara Republik Palau.

Dalam berita di website resmi Departemen Dalam Negeri A.S [doi.gov] (8/08), pertemuan dengan Trump tersebut membahas tentang stabilitas, keamanan, dan kemakmuran di kawasan Pasifik yang adalah penting bagi Negara-negara Amerika Serikat dan Pulau Pasifik. 

Melalui hubungan historis penting yang kita [A.S] miliki dengan negara-negara yang berasosiasi secara bebas, dan hubungan di Pasifik melalui wilayah AS, dan negara bagian Hawaii, Amerika Serikat mempertahankan pendiriannya untuk mendukung dan menghormati negara-negara Kepulauan Pasifik dalam upaya mereka melindungi kedaulatan politik dan ekonomi.

Baca ini:
  1. Menjelang Pertemuan PIF, Dukungan untuk West Papua Meningkat
  2. Pertemuan PIF, PM New Zealand Juga Didesak untuk Mendukung West Papua
Kepulauan Pasifik dan Amerika Serikat berbagi visi kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, dan partisipasi tingkat tinggi oleh Amerika Serikat sebagai Mitra Dialog Forum, yang dipimpin oleh Sekretaris Bernhardt, menyoroti komitmen negara terhadap Kepulauan Pasifik. Amerika Serikat berfokus pada memajukan tatanan regional berdasarkan penghormatan terhadap kedaulatan, supremasi hukum, dan prinsip-prinsip perdagangan bebas, adil, dan timbal balik.

PIF adalah organisasi kebijakan politik dan ekonomi utama di kawasan itu dengan 18 anggota - Australia, Kepulauan Cook, Negara Federasi Mikronesia, Fiji, Polinesia Prancis, Kiribati, Nauru, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Niue, Republik Palau, Papua New Guinea, Republik Kepulauan Marshall, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu. 

PIF juga menyelenggarakan pertemuan tahunan di tingkat Menteri dengan 18 Mitra Dialog Forum yang meliputi Kanada, Republik Rakyat Cina, Kuba, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Filipina, Spanyol, Thailand, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Di PIF, Sekretaris Bernhardt akan menyampaikan pernyataan resmi atas nama Amerika Serikat kepada para pemimpin Kepulauan Pasifik mengenai isu-isu penting regional dan global, termasuk kerja sama keamanan regional, kampanye tekanan DPRK global, ketahanan terhadap tantangan lingkungan, memerangi penangkapan ikan ilegal, dan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, Sekretaris akan mengadakan beberapa pertemuan bilateral dengan para pemimpin Pulau Pasifik.

(Simak ini: Selain Iklim, Masalah West Papua Jadi Agenda Prioritas PIF)

Sekretaris Bernhardt memikul tanggung jawab untuk wilayah AS di Samoa Amerika, Guam, dan Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara di wilayah tersebut. DOI juga mengelola dan mengawasi bantuan Federal di bawah Compacts of Free Association ke Negara Federasi Mikronesia, Republik Kepulauan Marshall, dan Republik Palau. Douglas W. Domenech, Asisten Sekretaris Dalam Negeri, Urusan Insuler dan Internasional, dan Kantor Urusan Insuler mendukung misi DOI untuk menjunjung tinggi kepercayaan dan tanggung jawab terkait dengan menyeimbangkan upaya dan sumber daya untuk mendukung kapasitas kesehatan, pendidikan, dan ekonomi yang lebih kuat, serta mendorong akuntabilitas fiskal di wilayah insuler AS. (https://www.doi.gov/oia/secretary-interior-bernhardt-lead-us-delegation-tuvalu-partners-dialogue-pacific-islands-forum)

Baca juga:
  1. Menlu Vanuatu Ingin, Dukungan Pasifik untuk West Papua Harus Lebih Kuat
  2. Sekjen PIF: Tentang Masalah West Papua, Vanuatu Patut Dikagumi

Posted by: Admin
Copyright ©doi.gov "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top