0
Manasseh Sogavare: Solomon Island dan Vanuatu Sepakat Kunjungan PBB ke West Papua
Foto: PM Sogavare dan PM Salwai berjabat tangan setelah pertemuan kemarin, (13/08) usai sesi upacara pembukaan pertemuan Forum Kepulauan Pasifik (PIF). doc. Kesekretariatan PM Solomon Island.
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

FUNAFUTI, Tuvalu - Perdana Menteri Solomon Island, Hon. Manasseh Sogavare telah bertemu dengan mitranya Perdana Menteri Vanuatu, Hon. Charlot Salwai, pada hari Selasa, (13/08/2019) di Finafuti, Tuvalu sela awal pembukaan pertemuan PIF.

Melalui akun pers kesekretariatan PM (14/08), Sogavare mengatakan, Melanesian Spearhead Group (MSG) adalah bagian teratas dari agenda kedua pemimpin.

Kedua pemimpin sepakat bahwa, MSG sebagai organisasi perlu direorganisasi ke tempat sebelumnya sebagai platform [panggung] politik bagi melanesia.

Baca juga: Pertemuan PIF Dibuka

Hon. Sogavare dan mitranya Vanuatu juga percaya bahwa, MSG harus menjadi platform bagi negara-negara anggota untuk secara kolektif membuat keputusan berdasarkan kebutuhan negara-negara anggota untuk mengatasi masalah seperti perubahan iklim dan Penyakit Tidak Menular (NCD).

Kedua pemimpin juga telah sepakati kunjungan Komisi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHRC), agar dapat mengunjungi dan menilai situasi hak asasi manusia di West Papua. Pada 2018 lalu, Vanuatu telah menyiapkan draf resolusi untuk dekolonisasi West Papua.

Indonesia juga disambut dan dipuji karena mengundang UNHRC untuk melakukan penilaian.

Perjanjian perdagangan bilateral dan kerja sama antara kedua negara juga dibahas antara Hon. Sogavare dan Hon. Salwai (*).

Baca ini: Sempat Dihambat, Delegasi West Papua Berhasil Tiba di Tuvalu


Posted by: Admin
Copyright ©tabloid-wani.com/viaPMSolomon "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top