0
Seruan Oposisi Vanuatu untuk PM Charlot Salwai Mundur
Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Charlot Salwai (©2019 Getty Images)
PORT VILA, Vanuatu - Pemimpin blok Oposisi Vanuatu, MP Ismael Kalsakau, meminta Perdana Menteri (PM) Charlot Salwai untuk mundur, setelah Pengadilan Banding mengeluarkan putusannya, Sabtu (20/7/2019), atas gugatan penunjukan jabatan-jabatan Sekretaris Parlemen (PS; Parliamentary Secretaries).

Berikut ini adalah isu seruan [surat pernyataan] yang diserukan oleh blok oposisi di Vanuatu dipublikasi melalui koran harian Vanuatu, the Daily Post Vanuatu.


Editor yang terhormat,
Izinkan Surat Pernyataan di bawah ini kepada Editor.

Sebagai Sekretaris Jenderal untuk Komisi Politik Nagriamel, saya ingin pertama-tama menegaskan kembali rasa hormat kami kepada Pemerintah dan Tuan Charlot Salwai sebagai Perdana Menteri Vanuatu untuk pekerjaan baik yang telah ia lakukan sebagai Pemimpin pemerintahan.

Namun, sistem peradilan telah membuktikan bahwa Perdana Menteri keliru dalam keputusannya untuk menunjuk Sekretaris Parlemen (PS) tanpa terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari mayoritas pemilih di Vanuatu, dengan melalui pemungutan suara.

Akibatnya PM Salwai terbukti salah oleh pengadilan; kita semua manusia tidak kebal terhadap kesalahan tetapi sebagai pemimpin dia harus menghormati keputusan pengadilan dalam membatalkan semua penunjukan PS dan Penasihat mereka yang menyebabkan hilangnya dana yang sangat besar.

Untuk mempertahankan integritasnya, Perdana Menteri harus mundur, mengikuti putusan pengadilan dan sejumlah besar uang yang sengaja disalahgunakan oleh pemerintahnya.

Dia seharusnya tidak membiarkan proses lebih lanjut oleh Kantor Ombudsman dan Pengadilan terhadapnya karena hanya waktu yang bisa mengatakan. Lebih terhormat untuk mundur dari menjaga reputasi baiknya.

Kami memanggilnya untuk mundur sebagai Perdana Menteri dan mengizinkan satu sama lain dari rekannya, Anggota Parlemen untuk naik di tempatnya untuk membawa pemerintah ke masa jabatan penuhnya agar tidak membuang lebih banyak dana publik. | Baca juga: Wapres Kalla: Indonesia Tak Akan Diam jika Vanuatu Terus Mengusik Papua

Dia masih bertanggung jawab atas tampuk kepemimpinan di pemerintahan tetapi kita dapat dengan yakin mengatakan mayoritas orang di Vanuatu sepenuhnya menyadari bahwa di bawah kepemimpinannya sebagai Perdana Menteri dia telah menyia-nyiakan sejumlah besar dana pemerintah untuk penunjukan ilegal.

Ada banyak orang yang tidak bahagia di seluruh negeri yang akan menghubungi pemilih mereka untuk memberi tahu mereka apa yang telah terjadi dan mengawasi para pemimpin kita. Lebih baik untuk mundur dan membangun kembali integritas seseorang dalam persiapan untuk pemilihan nasional berikutnya.

Sekjen

Jeff Joel Patunvanu
Komisi Politik Nagriamel

Baca juga:
  1. Dukungan untuk West Papua Selalu Menjadi Bagian Terpenting Bagi Vanuatu
  2. Vanuatu Terus Mendorong Resolusi PBB atas West Papua, Meskipun ada Penentangan dari Anggota Forum

Posted by: Admin
Copyright ©Daily Post Vanuatu "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Post a Comment

 
Top
banner