0
Pasukan West Papua Army dari faksi Tentara Revolusi West Papua (TRWP) di rimbah Papua (ist)
ARTIKEL - Jenderal WPRA Amunggut Tabi (WPRA) dari Markas Besar Pertahanan Tentara Revolusi West Papua Barat (WPRA) menjelaskan versi sederhana dari resion “Mengapa Tentara West Papua BUKAN Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) ) dengan ini disebut TPNPB - OPM? "

(Baca ini: Tiga Basis Militer Papua Bersatu Jadi "West Papua Army")

Berita Papua Merdeka (PMNews) bertanya kepada Jenderal Tabi tentang perselisihan antara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dengan West Papua Army (WPA) dan TPNPB-OPM di bawah kepemimpinan Jefry Bomanak Pagawak (OPM) dan Sebby Sambom (TPNPB ).

TPN/OPM, TPN.PB, TPN-PB, TPNPB-OPM, TNPB dan OPM

Jenderal WPRA Tabi mengatakan, masalah pertama adalah hubungannya dengan nama TPNPB. Sejauh ini sudah ada tiga kelompok yang menggunakan nama yang sama, TPNPB dengan tiga variasi TPN.PB-OPM (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka), TPN-PB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat), dan DM-TPNPB (Dewan Militer Tentara Pembebasan Nasional).

(Baca juga, ini: Papua Merdeka Kandas di “Ego” Pribadi dan Ego Kelompok!)

TPN-PB-OPM pertama didirikan oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Biak pada tahun 2012. TPNPB ini kemudian membentuk afiliasi dengan Jefry Bomanak Pagawak yang berbasis di Scotiau, Vanimo, Port Moresby, Kiunga dan Gunung Hagen.

TPNPB lain juga disebut TNPB, nama pendek untuk "Tentara Nasional Papua Barat". TNPB ini telah disebut TPN juga di bawah komando H. R. Joweni hingga pembentukan WPNCL pada 20 Desember 2005 ketika Joweni terpilih sebagai Ketua WPNCL.

Dewan Militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (DM-TPNPB) diketuai oleh Nikolas Ipo Hau dan Jenderal TPN Abumbakarak Omawi Wenda sebagai Panglima Tertinggi.

Di antaranya, ada Tentara Revolusi Papua Barat (WPRA), yang disebut Tentara Revolusi West Papua (TRWP) dengan Jenderal WPRA Mathias Wenda sebagai Panglima Tertinggi. WPRA dibentuk sebagai hasil dari KTT TPN/OPM yang diadakan setelah disahkan oleh semua komandan militer di hutan pada tahun 2005-2006 dan diadakan di Vanimo, di mana WPRA secara resmi dipisahkan dari organisasi politik yang disebut OPM (Organisasi Papua Merdeka).

WPRA mengantisipasi bahwa pengelompokan politik akan terjadi dalam waktu dekat, kemungkinan besar OPM dengan kepemimpinan dan organisasi baru.
Pasukan West Papua Army dari faksi TPN-PB, bersama panglima, Gen. Goliath Tabuni (ist)
WPRA memisahkan diri dari OPM untuk membantu OPM sebagai organisasi politik berfungsi dengan baik sebagai organisasi politik modern untuk Kemerdekaan West Papua. Butuh waktu sangat lama untuk memisahkan antara sayap militer dan organisasi politik Gerakan Papua Merdeka. Indonesia telah menggunakan penamaan dan konsep yang tidak jelas ini untuk menyebut gerakan ini sebagai gerakan separatis, pembuat masalah, dan akhirnya dikategorikan sebagai teroris.

(Baca juga: “Forgive” and “Forget” Adalah Kunci Kemenangan)

Nama TPN/OPM (TPN slash OPM) telah sangat umum digunakan di kalangan pejuang kemerdekaan West Papua, membuatnya sulit bagi orang Papua sendiri untuk melihat siapa kita: "politisi" atau "pejuang militer". Retorika, cara berpikir, konsep gerakan kemerdekaan, serta penamaan semua telah dicampur dan disalahpahami dan disalahpahami baik oleh orang Papua sendiri maupun oleh komunitas internasional.

Pemisahan WPRA dari OPM memberi jalan bagi semua kelompok lain dalam gerakan kemerdekaan West Papua untuk menyebut diri mereka BUKAN TPN/OPM lagi, tetapi itu menjadi DM-TPNPB, TPNPB dan TPN-PB, atau TPN.PB.

WPNA, NRFPB, TPN/OPM, WPRA, TPNPB, WPNCL

Kisah TPN / OPM, TPNPB dan WPRA adalah satu sisi mata uang. Sisi lain adalah kisah Otoritas Nasional West Papua (WPNA), Koalisi Nasional untuk Pembebasan West Papua (WPNCL) dan NRFPB (Negara Republik Federal Papua Barat) di bawah kepemimpinan Waromi - Yaboisembut.

OPM dan TPNPB milik kelompok TPN / OPM, yang biasa disebut Kelompok Bintang Satu. Pihak lain disebut Kelompok Bintang-Empat Belas, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan OPM, tetapi ada beberapa hal yang berkaitan dengan TPN di bawah kepemimpinan H.R Joweni, yang kemudian menjadi ketua WPNCL.

Kita semua tahu kapan WPNCL melamar keanggotaan MSG, para pemimpin MSG meminta pejuang kemerdekaan West Papua untuk mendaftar ulang dengan organisasi yang mencakup semua, terutama karena NRFPB tidak berada di dalam WPNCL.

Mengapa WPNCL tidak dianggap sepenuhnya mewakili West Papua?

Hanya satu jawaban yang memungkinkan: Kelompok Bintang-1 melamar untuk keanggotaan, tanpa melibatkan Kelompok bintang 14.

Sekarang, Mengapa West Papua Army, dan Bukan TPNPB?

Tentara West Papua (WPA) adalah nama sebagai hasil dari lobi dan perhitungan politik. Itu dibentuk sebagai langkah untuk keluar dari "Satu Bintang - Stigmatisasi Grup Bintang Keempat". Kita semua ingin bebas dari penjajahan Indonesia, oleh karena itu kita perlu bersatu secara politis dan militer.

(Baca juga: Berkompromi dengan Sesama Pejuang Pertanda Kematangan Jiwa)

Oleh karena itu, ULMWP tidak merusak atau melupakan OPM, dan WPA tidak menghilangkan TPNPB, tetapi kami sedang berkembang dari satu bab ke bab berikutnya, dari satu halaman ke yang berikutnya, menuju tujuan kami: Merdeka dan berdiri sendiri sebagai Negara Republik West Papua (Republic of West Papua).
Jadi, semua TPN / OPM, TPNPB, TPNPB-OPM, DM-TPNPB, WPRA, WPNCL, kita semua dari "Kelompok Bintang-Satu". Kami sekarang bergabung dengan "Kelompok Bintang Empatbelas", yang disebut NRFPB dan TNPB (Tentara Nasional Papua Barat).
[bersambung…]
________
Baca artikel ini: OPM PEMKA dan OPM Victoria, TPN dan TEPENAL)


Posted by: Admin
Copyright ©Papua Post "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top