0
Ingin Nama Kamu Terbang ke Mars? NASA Buka Pendaftaran Sampai September 2019
Tiket boarding pass ke planet Mars. Foto: nasa.gov
NASA sedang membuka pendaftaran boarding pass ke Mars. Masyarakat Indonesia turut berpartisipasi dalam program tersebut.
Jakarta — Bulan lalu, NASA mengumumkan bahwa mereka sedang membuka pendaftaran boarding pass ke Mars bagi siapa saja yang berminat.

Kendati demikian, bukan berarti Anda akan langsung pergi ke Mars, melainkan hanya namamu saja yang meroket ke planet merah tersebut.

Meski tidak benar-benar pergi ke Mars, animo orang yang mendaftarkan diri mereka terbilang besar, termasuk dari Indonesia. Berdasarkan pantauan Indonesiainside, pendaftar asal Indonesia menyentuh angka 90 ribuan, tepatnya 92.027.

Angka ini membuat Indonesia berada di urutan 12 dari seluruh negara di dunia. Adapun tiga besar pendaftar berasal dari Turki, India, lalu disusul oleh tuan rumah Amerika Serikat.

Simak ini: Rusia Kritik AS Terkait Sengketa Huawei

Untuk diketahui, program ini merupakan bagian dari misi NASA untuk menjelajah Mars pada 2020. Melalui program ini, NASA memungkinkan kamu menitip nama dalam misi bernama Mars Exploration Program tersebut.

Nantinya, nama-nama pemilik boarding pass akan disatukan dalam satu chip, yang mampu menampung hingga satu juta nama.

NASA pun memastikan bahwa program ini memang ditujukan untuk mendapatkan partisipasi manusia Bumi dalam misi ke Mars. Karenanya, badan antariksa Amerika Serikat itu tidak memiliki maksud menyalahgunakan data yang sudah diberikan.

Memang masih bertahun-tahun lagi sebelum akhirnya manusia pertama diperkirakan akan mendarat di Mars. Namun, lembaga antariksa Amerika Serikat (AS) NASA memberi kesempatan bagi masyarakat dunia untuk mengirimkan nama mereka ke planet merah itu.

“Ketika kami bersiap meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini. Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi NASA, ketika kami memulai perjalanan ini untuk menjawab pertanyaan mendalam tentang planet tetangga kita, dan asal usul kehidupan itu sendiri,” ujar Thomas Zurbuchen, Associate Administrator Science Mission Directorate (SMD) NASA di Washington, Amerika Serikat.

Baca ini: Theresa May Resmi Mundur, Pertarungan Jadi PM Inggris Dimulai

Ingin mendapatkan boarding pass ke planet Mars? Kunjungi situs web NASA dan daftar boarding pass-nya sekarang di https://mars.nasa.gov/participate/send-your-name/mars2020/map/world.

NASA menutup pendaftaran sampai 30 September 2019. Dalam perjalanannya nanti, nama-nama para penduduk Bumi tersebut akan dibawa dalam misi penjelajahan Mars 2020 NASA dan direncanakan akan diluncurkan pada Juli 2020 mendatang. Pesawat luar angkasa tersebut, diperkirakan akan tiba di Mars pada Februari 2021. (*/Dry/nds)


Copyright ©Pos Papua "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top