0
Menteri Luar Negeri Vanuatu, Ralph Regenvanu (kanan) dan Menteri Luar Negeri Rumania, Teodor Meleşcanu (kanan), Sabtu (16/03/2019).
Port Vila -- Menteri Luar Negeri Vanuatu, Ralph Regenvanu, minggu ini mengunjungi Romania, kunjungan resmi pertama seorang pejabat tinggi Pemerintah Vanuatu sejak Vanuatu dan Rumania menjalin hubungan diplomatik kurang dari setahun yang lalu.

Dia didampingi oleh Duta Besar Vanuatu untuk Uni Eropa dan Belgia, John Licht. Menteri Regenvanu bertemu dengan mitranya Menteri Luar Negeri Rumania, Teodor Meleşcanu, untuk membahas penguatan kerja sama dan persahabatan antara kedua negara.

Menteri Regenvanu dan Duta Besar Licht juga bertemu dengan para pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Rumania, termasuk Sekretaris Negara, dan Direktur Jenderal RoAid, badan kerja sama pembangunan internasional Rumania, untuk mengidentifikasi bidang-bidang kerja sama teknis dan bantuan pembangunan yang akan menjadi bermanfaat bagi Vanuatu.

Baca juga:
  1. Vanuatu Tekan Perancis Terkait Pulau Matthew dan Hunter
  2. FLNKS Dukung Vanuatu dalam Sengketa Pulau Melawan Prancis
Pada akhir kunjungan resmi, kedua belah pihak mengumumkan niat mereka untuk mengadakan perjanjian kerja sama teknis, yang akan ditandatangani sesegera mungkin. Perjanjian ini akan mencakup sejumlah bidang di mana Rumania memiliki kompetensi khusus, termasuk beasiswa dalam sains dan kedokteran hewan, pertukaran personel kunci untuk berbagi pengalaman dalam kesiapsiagaan dan tanggapan risiko bencana, kursus pelatihan diplomatik untuk pejabat Luar Negeri, dan juga pendanaan dari proyek air di Vanuatu.

Seperti Vanuatu, Rumania diposisikan di tepi lempeng tektonik, dan karena itu rentan terhadap bahaya seismik. Pada tahun 1977 negara tersebut mengalami gempa bumi berukuran lebih dari tujuh pada skala Richter yang menghancurkan sebagian besar infrastruktur publik dan pribadinya.

Sejak itu ia telah mengalokasikan sebagian dari anggaran tahunannya untuk mempersiapkan dan menanggapi bencana alam dan telah mengembangkan salah satu sistem kesiapsiagaan dan respons bencana terbaik di dunia. Selama berada di Rumania, Menteri Regenvanu dapat berpartisipasi dalam konferensi internasional satu hari yang berjudul “Membangun Ketahanan Terhadap Bencana Alam” di mana Rumania dan negara-negara peserta lainnya berbagi pengalaman mereka.

Konferensi ini dihadiri oleh para Menteri Luar Negeri dari Dominika, Burkina Faso, Antigua dan Barbuda, Guinea, Gabon, Grenada, St Kitts dan Nevis dan Saint Lucia, serta Wakil Menteri Kesehatan Palau dan pejabat senior dari sejumlah negara lain. , semuanya berbagi upaya negara mereka sendiri dalam membangun ketahanan terhadap bencana alam dan perubahan iklim.

(Baca ini: Vanuatu, "si Kecil" Pendukung Pemerdekaan Papua)

Sekretaris Jenderal Organisasi internasional de la Francophonie (OIF) dan Komunitas Karibia (CARICOM) juga berbicara di konferensi tersebut.

Rumania juga adalah Presiden Uni Eropa saat ini, dan Menteri Teodor Meleşcanu menjanjikan dukungan Rumania untuk kepentingan Vanuatu dan Kepulauan Pasifik semaksimal mungkin di bawah perundingan saat ini mengenai Perjanjian Post Cotonou di Brussels. Menteri Regenvanu merujuk pada kelulusan Vanuatu yang segera terjadi pada 2020 dari Least Developed Country (LDC) menjadi status negara berkembang, dan menggarisbawahi perlunya pembiayaan infrastruktur yang tangguh termasuk strategi yang memadai untuk memerangi perubahan iklim agar negara itu tetap di jalur untuk bertemu. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Menariknya, terungkap setelah fakta bahwa Rumania sebagai Presiden Uni Eropa telah melakukan advokasi dengan negara-negara Uni Eropa lainnya TIDAK untuk menerbitkan daftar hitam baru yurisdiksi pajak non-kooperatif, yang ironisnya dirilis pada hari konferensi internasional.

Sebelum Menteri Regenvanu meninggalkan negara itu, dia bisa bertemu dengan Yang Mulia. Marco Mahe, Anggota Parlemen untuk Santo dan perwakilan Vanuatu di Majelis Parlemen Bersama ACP-EU (JPA), yang memulai pertemuannya di Bucharest, ibu kota Rumania, sehari setelah konferensi internasional selesai.

(Baca ini: Sekjen PIF: Tentang Masalah West Papua, Vanuatu Patut Dikagumi)


Posted by: Admin
Copyright ©Daily Post Vanuatu "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: [email protected]

Post a Comment

 
Top
close