TNI, POLRI bersama Bawaslu dan KPU Provinsi Papua.
Jayapura -- Komando daerah militer XVII/Cenderawasih melaksanakan apel gelar kesiapan latihan pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019 di Wilayah Kodam XVII/ Cenderawasih.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Pandit Sembiring S.I.P, mengatakan Kodam XVII/Cenderawasih harus tanggap terhadap perkembangan situasi di wilayah yang mungkin akan berdampak terhadap stabilitas keamanan menjelang pesta demokrasi pemilihan umum legislatif dan Presiden tahun 2019.

“Kita perlu melakukan apel gelar kesiapan latihan pengamanan dengan melibatkan 3.250 personel TNI tersebar di tiga wilayah, yaitu wilayah Korem172/Praja Wira Yakthi di Jayapura, wilayah Korem 173/Praja Vira Braja di Nabire dan wilayah Korem 174 di Merauke,” kata Pangdam saat pimpin apel kesiapan latihan pengamanan Pileg dan Pilpres, di Lapangan Apel Frans Kasiepo MaKodam XVII/Cendrawasih, Kamis (7/2/2019).

Menurut Pangdam, latihan ini dilakukan untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman dan kerawanan yang mungkin dapat terjadi dilakukan oknum atau kelompok tertentu dengan memanfaatkan situasi untuk memperjuangkan kepentingannya.

Ini tentu dapat mempengaruhi kelancaran atau bahkan menggagalkan pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden yang dijadwalkan pada tanggal 17 April 2019 nanti.

“Saya berharap kita dapat melihat secara langsung kesiapan prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, baik personel maupun materiil dan secara umum prajurit kita berada pada kondisi siap melaksanakan latihan,” kata Pangdam.

Namun, lanjut Pandit, apabila masih ada kekurangan, terutama menyangkut hal-hal yang mendasar agar segera dilengkapi, dengan harapan setiap personel yang terlibat dalam satgas ini siap melaksanakan tugas operasi dengan baik serta dapat menjaga sinergitas dengan instansi terkait dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda maupun Polri untuk tetap ikut membantu tugas-tugas yang akan kita lakukan nanti.

“Laksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, agar kesiapan satuan dalam menghadapi tugas pengamanan pemilihan umum Legislatif dan Presiden tahun 2019 dapat tercapai dengan optimal, perhatikan faktor keamanan, efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan latihan dan laksanakan kaji ulang dan evaluasi latihan dengan sebaik-baiknya sehingga diperoleh bahan masukan sebagai pertimbangan atasan nantinya,” jelasnya.
Apel Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019.
Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si, Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Pandit Sembiring S.I.P, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr.Han, Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Irham Waroihan, Asops Danlantamal X Kolenel Laut (P) Nouldy J. Tangka, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Panjaitan Sianipar.

Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Haribowo, S.IK, Kabid Dokes Polda Papua Kombespol Dr. Ramon Amiman, Kasat Brimob Polda Papua Kombespol Jeremias Rontini, S.I.K., M.Si, Letkol Cpm Putu B Wiguna Wadan Pomdam XVII/Cenderawasih.

Kapolres Jayapura AKBP Gustav R Urbinas S.Ik, Dandim 1701/JPR Letkol Inf Yohanes Parinussa, Kaintel Lanud Silas Papare Mayor Sus Bayu Adi Nugroho, Ketua KPU Prov Papua Theoudorus Kossay S.Sm Hum, Ketua Bawaslu Prov Papua, Papha Metusalek Infandi SH, para asisten Pangdam XVII/Cen dan Pasukan gabungan TNI Polri dan Satpol PP.


Copyright ©Nokenlive "sumber"
Hubungi kami di E-Mail 📧: [email protected]
 
Top
close