Pemimpin gerakan Papua Merdeka dari berbagai faksi ermasuk Negara Federal Republik Papua Barat (NRFPB), Koalisi Nasional untuk Pembebasan West Papua (WPNCL) dan Parlemen Nasional Papua Barat (PNWP) berpose bersama di halaman Sekretariat Melanesia Spearhead Group (MSG), di Port Vila, Vanuatu 2015. (Foto: sumber ULMWP).
Jayapura -- "Bulan Desember 2014, berbagai faksi gerakan kemerdekaan West Papua bersatu untuk membentuk sebuah badan yang disebut Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP)"

Kemarin hari Sabtu, (29/12/2018) tepat pukul 8.26, Ketua ULMWP Benny Wenda menulis hal itu melalui akun Twitter resminya @BennyWenda.

Lebih lanjut pada link website resmi ULMWP yang ditautkan Benny ditulis, pada 7 Desember 2014, pertemuan bersejarah para pemimpin West Papua di Vanuatu menyaksikan berbagai faksi gerakan kemerdekaan bersatu untuk membentuk sebuah badan baru yang disebut ULMWP.

Pada situs website resmi ULMWP telah dipaparkan, kelompok-kelompok kunci yang telah bersatu termasuk Negara Federal Republik Papua Barat (NRFPB), Koalisi Nasional untuk Pembebasan West Papua (WPNCL) dan Parlemen Nasional Papua Barat (PNWP).

(Baca Juga: Benny Wenda: TRWP, TPNPB, TPN OPM Sudah Bersatu!)

Dalam situs resmi itu juga disebutkan, Komite Eksekutif yang terdiri dari enam anggota terpilih dari berbagai kelompok mengoordinasikan kegiatan ULMWP, didukung oleh Dewan Komite yang terdiri dari tiga anggota terpilih. 

Selanjutnya ULMWP menyatakan, setelah KTT tiga tahunan terjadi 2017, ULMWP telah merestrukturisasi dan memilih Benny Wenda sebagai Ketua dan Jacob Rumbiak sebagai Juru Bicara.

Representasi perjuangan kemerdekaan West Papua yang kini memimpin ULMWP juga dipaparkan disana. Benny Wenda memimpin sebagai Ketua ULMWP, Octovianus Mote sebagai Wakil, Jacob Rumbiak sebagai Juru Bicara, Rex Rumakiek sebagai sekretaris, Ny. Paula Makabory sebagai Bendahara, Oridek Ap sebagai anggota sekaligus Kepala ULMWP untuk misi Uni-Eropa.

Selain Komite Eksekutif, dipaparkan Dewan Komite [komite Legislatif] bekerja membantu memimpin struktur ULMWP. Dalam komite legislatif ULMWP, Edison Waromi memimpin sebagai Ketua Legislatif, Andy Ayamiseba sebagai Ketua 1 dan Buchtar Tabuni sebagai Ketua 2.

Dalam pidato pengukuhan, ketua ULMWP Benny Wenda menyatakan, “Di bawah struktur kepemimpinan baru kami, kami berkomitmen untuk masa depan yang kuat dan bersatu karena kami tahu inilah yang diperlukan untuk pembebasan rakyat kami. Doa saya adalah agar semua yang ingin melihat pembebasan bagi bangsa Papua akan mendukung kita dalam doa-doa mereka ,” ujar pemimpin kemerdekaan West Papua, Benny Wenda.

(Baca Ini: ULMWP: Jawaban Penderitaan dan Sejarah Perjuangan Bangsa Papua)


Posted by: Admin
Copyright ©Situs Resmi ULMWP "sumber"
Hubungi kami di E-Mail 📧: [email protected]
 
Top