0
ULMWP Menyeruhkan, Segerah Akhiri Operasi Militer yang Berlangsung di West Papua
Polisi (brimob) Indonesia, (ist).
Operasi militer dan polisi Indonesia yang sedang berlangsung di Lanny Jaya dan daerah-daerah sekitarnya di Papua Barat menyebabkan kematian, teror, dan pemindahan yang meluas terhadap orang-orang Papua Barat. Oleh karena itu, ULMWP menyerukan penghentian segera operasi dan permusuhan negara yang brutal di Indonesia.

Selama beberapa hari terakhir, militer dan polisi Indonesia telah mengintensifkan operasi mereka di Lanny Jaya. Beberapa orang Papua Barat diyakini telah tewas, dengan ribuan lainnya melarikan diri ke hutan.

Teror yang merajalela dan disponsori negara ini membuat warga sipil Papua Barat yang tidak bersalah dicap oleh Pasukan Keamanan Indonesia sebagai "separatis" dalam upaya membenarkan pembunuhan siapa pun yang dituduh mendukung penentuan nasib sendiri.

Pelanggaran hak asasi manusia baru-baru ini dimulai setelah komandan militer Indonesia baru-baru ini memproklamirkan dirinya sebagai kepala Papua Barat setempat. Dia telah berusaha menggunakan gelar ini untuk menyerukan operasi militer lebih lanjut di Lanny Jaya dan daerah-daerah sekitarnya. ULMWP sangat prihatin dengan semua yang terkena dampak dalam operasi ini. Wanita Papua Barat dan anak-anak sangat beresiko di zona militer ini dan saat ini banyak orang yang dibiarkan tanpa makanan yang cukup dan takut untuk kembali ke kebun mereka karena takut kekerasan militer lebih lanjut.

(Simak ini: Benny Wenda: TRWP, TPNPB, TPN OPM Sudah Bersatu!)

Operasi militer brutal seperti itu terhadap orang-orang Papua Barat mempertanyakan status pemerintah Indonesia dan nilai-nilai memproklamirkan diri di forum internasional.

Misalnya, Indonesia adalah Anggota Associate dari Melanesian Spearhead Group (MSG), namun pelanggaran hak asasi manusia ini jelas menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia tidak menghargai kehidupan Melanesia di Papua Barat. Indonesia juga akan menjadi anggota sementara Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (masa 2019/2021), namun peningkatan militer yang semakin meningkat telah menyebabkan Papua Barat menjadi zona yang paling termiliterisasi di Pasifik; merupakan ancaman keamanan besar terhadap orang Papua Barat dan wilayahnya secara luas. Akhirnya, Indonesia dengan bangga mengklaim sebagai negara demokratis, namun prinsip-prinsip demokrasi yang jelas tidak ditegakkan di Papua Barat. Penyangkalan sistematis hak demokratis dan fundamental kita untuk menentukan nasib sendiri terus meninggalkan orang Papua Barat sebagai subyek kolonial, yang ditindas untuk berjuang secara damai untuk bebas di negara kita sendiri.

Oleh karena itu, atas nama rakyat Papua Barat, ULMWP menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk segera menghentikan operasi brutal ini di Lanny Jaya, Wamena dan semua daerah lainnya, dan untuk menarik semua personil Pasukan Keamanan Indonesia dari Papua Barat.

(Baca ini: ULMWP : TPN-PB dan Aparat Keamanan Indonesia Tak Boleh Korbankan Warga Sipi)

ULMWP juga menyerukan kepada organisasi hak asasi manusia, kelompok masyarakat sipil, dan sekutu di seluruh dunia, untuk melihat ke dalam situasi yang memburuk dengan cepat di Papua Barat, dan untuk mengadvokasi hak asasi manusia yang mendasar dari orang-orang Papua Barat.

Akhirnya, ULMWP ingin mengingatkan semua bangsa Melanesia, negara-negara Kepulauan Pasifik lainnya, dan komunitas internasional pada umumnya, terhadap tingkat kekerasan negara Indonesia yang mendesak dan kritis ini di Papua Barat yang diduduki; yang mengancam untuk mengubah sebagian besar negara menjadi zona perang aktif. Kami menyerukan dukungan internasional untuk perdamaian di Papua Barat, perdamaian yang hanya dapat dicapai melalui suara yang diawasi secara internasional tentang penentuan nasib sendiri.
Sudah saatnya bagi pemerintah Indonesia untuk segera mengakhiri operasi militer dan bergerak menuju resolusi konflik damai di Papua Barat. Hanya melalui referendum kami dijanjikan oleh PBB akan kami, rakyat Papua Barat akhirnya bebas mengekspresikan keinginan kami untuk hidup damai di tanah kami sendiri.


BENNY WENDA
Ketua United Liberation Movement for West Papua
(ULMWP)


Posted by: Admin
Copyright ©ULMWP Official site "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top