0
Pekan Ini, Gubernur Papua Dijadwalkan Kembali Temui Sejumlah Menteri
Jayapura -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) pekan ini kembali akan melanjutkan Road Show Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 ke sejumlah kementerian.

Kementerian yang akan dikunjungi antara lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Koordinator Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI).

Safari kerja Gubernur Papua beserta rombongan ke kementerian-kementerian tersebut untuk koordinasi untuk dukungan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas di Papua.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinanen, dalam update Road Show PON,Minggu (04/11/2018).

“Minggu depan bapak Gubernur akan melanjutkan Road Show ke Kementrian Perhubungan, Kementrian PMK, Kementrian Keuangan.

Demikian info yang perlu disampaikan kepada semua masyarakarat tentang kerja percepatan yg dilakukan oleh Bapak Gubernur Papua,” ungkap Sekda Papua.

Lebih lanjut Sekda mengemukakan bahwa pada pekan kemarin Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH beserta telah melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri dan pejabat di Pemerintah Pusat yakni pada Selasa (30/10/2018) Gubernur bersama rombongan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri PUPR, DR. Ir. Basuki Hadimuljono dalam kesempatan tersebut Menteri PUPR menyampaikan dukungan untuk membantu menyukseskan PON XX tahun 2020 dan PEPARNAS XVI.

Sedangkan 4 venue yg diperintahkan dibangun melalui Instruksi Presiden (Inpres) nomor 10 Tahun 2017 yang sudah ditandatangani kontraknya adalah Istora sedangkan venue Kriket, Hoki dan Aquatic segera ditandatangani;

Rabu (31/10/2018), Road Show dilanjutkan ke Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas).

Kedua kementerian mendukungan PON dan Peparnas dengan mengarahkan perhatian terhadap program yg berada di 6 cluster penyelenggara dan 4 cluster penyangga;

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM menegaskan bahwa kementeriannya siap mendukung penyelenggaraan PON dan dan Peparnas di Papua.

Dalam pertemuan dengan gubernur Papua dan rombongan disepakati akreditasi rumah sakit di lima kluster PON Papua (Jayapura, Biak Numfor, Jayawijaya, Mimika dan Merauke) termasuk kabupaten-kabupaten peyangga (Kabupaten Keerom, Supiori, Kepulauan Yapen dan Tolikara) wajib dilakukan.

Penyiapan fasilitas kesehatan untuk penanganan gawat darurat dan jaminan kesehatan terutama sanitasi dan gizi bahan makanan untuk PON.

Kemudian penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di seluruh kluster.

Sedangkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Prof. Bambang Brodjonegoro menyatakan komitmen untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua. Dukungan kongkrit dari Bapenas adalah kementerian tersebut dalam waktu dekat akan menyiapkan skema penganggaran untuk mendukung pembangunan venue dan fasilitas PON.

Lanjutan Road Show, Kamis (01/11/2018) di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI) dan Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora).

Kepala BPKP RI, Dr. Ardan Adiperdana.MBA usai menerima kunjungan kerja Gubernur Papua menyatakan kesiapannya membantu Pemerintah Provinsi Papua dalam mengawal akuntabilitas pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga Dr.(HC) H. Imam Nahrawi, S.Ag, MKP menyatakan mendukung suksesi PON XX dan Peparnas XVI dengan mengirimkan peralatan pertandingan yang digunakan pada Asian Games dan Asian Para Games ke Papua.

Kemudian pada Jumat, (02/11/2018) Tim Disorda Papua, KONI Papua dan BAPPEDA memfollow up pertemuan bersama Sesmen Kemenpora untuk menindaklanjuti hibah peralatan dan Desk Papua Bappenas untuk mensinkronkan program di Kementrian/Lembaga.

Road Show PON yang dipimpin langsung Gubernur Papua diikuti Ketua DPRP Dr. Yunus Wonda, Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, Asisten I Bidang Pemerintahan, Doren Wakerkwa, SH, Asisten II Bidang Kesra, Noak Kapisa, Kepala Bapeda, Dr. M Mus’aad, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Drs. Daud Ngabalin.

Kepala Dinas PUPR, Girius O Yoman, Kepala Biro Umum Emi Enembe, Kepala Biro Humas dan Protokoler, Israil Ilolu, Kepala Penghubung Daerah Papua di Jakarta, Alex Kapisa, Kadis Kominfo, Kansiana Salle dan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP,M.Si dan lainnya.


Copyright ©Papua Today "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top