0
16 Negara Pasifik Mengonfirmasi Kehadirannya Pada KTT APEC di PNG
Jumaat, 2 November 2018

Kehadiran 16 pemimpin negara Kepualuan Pasifik telah mengkonfirmasi kehadiran mereka pada KTT APEC 2018 di Port Moresby, PNG

The Post-Courier telah menghubungi sekitar 16 kantor para pemimpin kepulauan Pasifik dan sejauh ini telah dikonfirmasi bahwa Solomon Island, Vanuatu, Fiji, Kiribati, FLNKS, Mikronesia, Nauru, Niue, Samoa, Tonga, Cook Island, Negara Federasi Mikronesia dan New Caledonia siap untuk melakukan perjalanan ke PNG untuk pertemuam KTT APEC 2018 dalam waktu dua minggu.

Baru-baru ini, Menteri Luar Negeri PNG Rimbink Pato mengumumkan bahwa negara-negara Pasifik juga menyampaikan kehadiran mereka selama bebera bulan terakhir pada pertemuan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) di Nauru.

(Baca ini: Papua Nugini Impor 40 Sedan Mewah untuk APEC)

Pato mengatakan, undangan dari pemerintah PNG kepada para pemimpin adalah langkah lebih lanjut dalam memperkuat ikatan di antara negara-negara kepulauan yang merupakan benua "Pasifik Biru".

Dia mengatakan diskusi di Nauru terkait seputar upaya perlindungan lautan Pasifik, dan perubahan iklim, akan maju dalam pertemuan besar APEC bulan November.

Pato mengatakan para pemimpin Forum sepakat pada pendekatan konstruktif untuk diskusi tentang kekhawatiran regional terkait Papua (West Papua) yang diperintah Indonesia dan juga akan dibahas lebih lanjut pada KTT APEC.

"Satu yang akan membawa hasil positif bagi semua dalam hal pembangunan ekonomi dan sosial dari mereka yang tinggal di wilayah perbatasan dan satu yang akan menghindari hasil buruk yang akan timbul dari kebijakan konfrontasi dan konflik."

(Lihat ini: PNG Perketat Peraturan Imigrasi Menjelang APEC)

Menteri itu bertemu dengan Menteri Dalam Negeri untuk Amerika Serikat, Ryan Zinke dan Asisten Deputi Sekretaris Negara, Matt Matthews.

“Kami memiliki pertemuan sarapan yang sangat konstruktif yang dihadiri oleh para pemimpin Pasifik,” kata Pato. Pada pertemuan puncak Nauru, Pato mengatakan dia mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin dan menteri dari berbagai negara selain keanggotaan Forum.

Mereka termasuk AS, Kanada, Kuba, Israel, Jepang, Norwegia, Spanyol, Swiss, dan Inggris.


Posted by: Admin
Copyright ©Post Courier "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top