0
Persipura Kembali Tumbang
Foto: Pemain Persipura Jayapura Tinus Pae saat berduel dengan pemain Borneo FC Titus Bonai pada pertandingan Go-jek Liga 1 pekan ke-24 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (8/10) sore.
Jayapura -- Persipura Jayapura kembali tersandung di laga away. Anak asuhan Osvaldo Lessa harus menerima kekalahan 2-1 dari tuan rumah Borneo FC pada pekan ke-24 Go-jek Liga 1 yang berlangsung di Stadion Segiri Samarinda, Senin (8/10) sore kemarin.

Dua gol tuan rumah dicetak oleh striker asingnya Matias Conti pada menit 57 dan menit 62 melalui titik putih. Sementara gol semata wayang Persipura Jayapura dicetak oleh Addison Alves pada menit 68.

Kelalahan ini memperpanjang tren negatif laga tandang Persipura Jayapura. Dari 13 laga away yang telah dilakoni Boaz cs, Persipura hanya mampu memetik sekali kemenangan dan empat kali imbang, sisahnya berakhir dengan kekalahan.

Catatan laga tandang Persipura menjadi sorotan, sebab dalam satu musim, Persipura sudah melakukan pergantian pelatih kepala sebanyak 3 kali. Hal ini juga belum mampu mengembalikan pamor Persipura Jayapura sebagai pemilik empat bintang.

Dengan kekalahan ini, Persipura Jayapura menempati peringkat 9 dengan koleksi 33 angka. Persipura turun satu tangga dari posisi sebelumnya. Sementara tuan rumah Borneo FC naik satu tangga, dari peringkat sembilang ke peringkat delapan dengan rahian poin 35.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, kedua tim bermain dengan hati-hati. Memasuki menit 24 Persipura memiliki peluang emas, kapten Boaz Solossa melepas sepakan kaki andalanya dari luar kotak penalti, tetapi sepakan Boaz behasil ditepis oleh kiper Nadeo Argawinata.

Berselang satu menit kemudian, Addison Alves kembali hampir membuka keunggulan, tetapi sundulannya masih melebar dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Memasuki menit 37, Persipura masih mencoba bermain sabar, lebih memilih memainkan bola ditengah untuk bisa melakukan tusukan kedalam lini pertahanan Borneo FC.

Bermain didepan pendukungnya, Borneo FC juga sering melakukan serangan melalui pemain depannya Titus Bonai di sisi kanan Persipura

Memasuki menit 44, Persipura kembali memiliki peluang emas untuk menciptakan gol. Namun sepakan pojok Boaz Solossa belum bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Riacardo Salampessy yang hanya melambung diatas mistar gawang Nadeo Argawinata.

Hingga turun minum, kedua tim masih bermain imbang. Skor kacamata menutup laga babak pertama.

Usai dari ruang ganti, Persipura mulai meningkatkan intensitas permainan. Tetapi justru Borneo FC yang nyaris membuka keunggulan lewat kaki Tejani Belaid, untung sepakannya masih berada tepat dipelukan Dede Sulaiman.

Pertengahan babak kedua, belum ada perubahan signifikan dari kedua tim. Borneo FC dan Persipura Jayapura sama-sama masih menunggu melakukan serangan.

Tetapi gol yang ditunggu-tunggu oleh tuan rumah akhirnya tercipta pada menit 57. Mahadirga Lasut memberikan umpan crossing kepada Matias Conti, dengan tenang pemain nomor 9 ini berhasil mengecoh kiper Dede Sulaiman lewat tandukannya.

Hanya berselang 5 menit, Borneo FC kembali unggul lewat titik putih. Akibat bek senior Persipura Jayapura Yohanis Tjoe melangar salah satu pemain Borneo FC dalam kotak pinalti.

Matias Conti yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, membawa Borneo FC unggul 2-0 atas tamunya Persipura Jayapura.

Tertinggal dua gol, coach Peripura Jayapura Osvaldo Lessa menarik keluar Valentino Telaubun dan memasukan Friska Womsiwor pada menit 63.

Alhasil, masuknya Friska Womsiwor membawa udara segar dalam transisi menyerang anak-anak Mutiara Hitam. Persipura kembali mencoba peluangnya melalui Imanuel Wanggai menit 64, tetapi sepakan keras Imanuel Wanggai dari luar kotak pinalti masih melambung diatas mistar gawang Nadeo Argawinata

Matias conti nyaris saja mencatatkan hattrick, untung sontekannya masih mengenai mistar gawang Dede Sulaiman pada menit 64.

Dimenit 68, kemelut terjadi di dalam kotak penalti Borneo FC, Boas Solossa melepaskan sepakan dan mengenai tiang gawang dan mantul tepat didepan Addison Alves. Dengan tenang Addison berhasil mmemperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Peluang untuk menyamakan kedudukan dimiliki Persipura Jayapura dimenit 73, Boaz solossa yang melakukan tendangan bebas masih mengenai benteng dari Borneo FC.

Sepuluh menit terakhir, Persipura terus mengurung pertahanan dari tuan rumah. Menit 80, Persipura kembali nyaris menyamakan kedudukan, untung tendangan bebas Ian Kabes masih berhail di tepis oleh kiper Nadeo Argawinata.

Peluang terakhir dimiliki oleh Persipura melalui kaki Imanuel Wanggai, tetapi sepakannya didalam kotak pinalti masih melambung diatas mistar gawang.

Meskipun terus berusaha untuk menyamakan kedudukan, tuan rumah Borneo FC tetap unggul 2-1 hingga peluit akhir dibunyikan.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Osvaldo Lessa mengatakan bahwa pemainnya sudah bermain sangat bagus. Hanya saja mereka dikagetkan dengan dua gol dalam waktu 5 menit membuat permainan mereka sedikit kesulitan.

“Borneo tim kuat, Persipura bagus pada babak pertama kita bisa tahan, babak kedua tuan rumah mereka cetak dua gol cepat sekali,” kata Lessa dalam konfrensi persnya.

Dikatakan Lessa bahwa, Persipura memiliki peluang untuk bisa mengimbangi tuan rumah dan bahkan menang ketika memasukan Friska Womsiwor.

“Waktu Friska masuk tim langsung bangkit, kita bisa menang atau draw disini, tetapi ini sepak bola harus ada yang kalah dan menang. Saya akan benahi untuk pertandingan kedepan,” ujar Lessa.

Sementara pencetak gol semata wayang Persipura Jayapura Addison Alves juga mengakui jika laga ini sangat berjalan berat.

“Kita tahu main disini sangat berat, saya minta maaf. Wasit juga waktu kasih pinalti ke Borneo kita tidak protes, tetapi dalam situasi juga kita bisa lihat ada pelanggaran yang harusnya pinalti buat kami,” kata Addison.

Sementara itu, Pelatih kelapa Borneo FC Dejan Antonic mengakui jika kemenangan yang mereka raih harus didapatkan dengan susah payah.

“Hari ini kita ada satu pertandingan berat, kita lawan satu tim yang sangat kuat. Tetapi berkat kerja keras tim kami dapat memenangkan pertandingan,” beber Dejan.

Dejan juga mengakui jika mereka memanfaatkan kelemahan dari Persipura untuk dapat menciptakan gol. “Babak pertama tim Borneo dengan Persipura tidak ada kecepatan, tetapi babak kedua kita ubah diri, sehinga kita ciptakan dua gol melalui Matias Conti,” kata Dejan.

Sementara menjelaskan telah melakukan kesalahan pada babak kedua yang berujung terciptanya gol dari Addison Alves.

“Kita tidur, kita tidak konsentrasi. Persipura cetak gol membuat permainan meningkat. Kita harus hormat, semua anak-anak ini kerja keras untuk Borneo sehingga kita bisa curi poin untuk kita bisa naik,” tandas Dejan.


Copyright ©Cepos "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top