0
Sarang Semut, Oleh-oleh dari Bumi Papua yang Menyehatkan
Sarang semut.
PAPUA dianugerai kekayan alam yang melimpah. Alam provinsi paling timur Indonesia itu merupakan modal besar untuk menarik wisatawan untuk berkunjung.

Kekayaan alam Papua juga menyimpan banyak obat-obatan tradisional. Salah satu yang terkenal yaitu sarang semut. Sarang semut merupakan bahan makanan atau obat herbal yang diolah dari tumbuh-tumbuhan sejenis benalu.

Sarang semut tumbuh menempel di tanaman lain atau pohon-pohon besar. Tanaman ini banyak ditemukan ditemukan di Papua. Sarang semut Papua terkenal dan diakui memiliki banyak khasiat.
Sarang semut, seperti namanya, mirip dengan sarang semut. Ada bagian-bagian lubang memanjang dan tak beraturan bagian dalamnya. Warnanya kecokelatan. Saat tumbuh, bagian bawah sarang semut membentuk umbi yang merupakan bagian yang diambil atau dipotong menjadi obat.

Di Papua, sarang semut digunakan sebagai obat untuk beragam penyakit dan dikonsumsi dengan dicampur dengan bahan makanan lain. Sarang semut berkhasiat sebagai antioksidan hingga antikanker.
Sarang semut dijual hingga keluar daerah.
Sarang semut diolah sebagai makanan atau dicampur/dimasak dengan makanan lain. Sarang semut Papua kini banyak dijual ke luar daerah. Tak hanya di Papua, sarang semut banyak diperjualbelikan melalui internet. (*)


Copyright ©Merah Putih "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top
close