0
Vanuatu Menjalin Hubungan Diplomatik dengan Serbia
Menteri Ralph dan Duta Besar Petrovic pada upacara penandatanganan (29/08).
Port Vila -- Menteri Luar Negeri, Kerjasama Internasional dan Perdagangan Eksternal, Ralph Regenvanu secara resmi menandatangani Komunike untuk pembentukan hubungan diplomatik dengan Miroljub Petrovic, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh atas Republik Serbia di Australia yang juga ditunjuk oleh Duta Besar Serbia untuk Republik Vanuatu kemarin (28/08/2018).

Serbia menjadi anggota Uni Eropa pada Mei 2008 dan sejak itu telah menandatangani Perjanjian Stabilisasi dan Asosiasi dengan Brussels. Pada bulan Februari 2010, ia mengalami implementasi penuh Perjanjian Perdagangan Interim dengan Uni Eropa dan memperoleh status kandidatnya pada Maret 2012.

Ini terus berlanjut dalam rangkah hubungan baik dengan Uni Eropa, untuk mencapai tujuan jangka panjang keanggotaan Uni Eropa.

Pembentukan hubungan diplomatik antara Vanuatu dan Serbia mulai membuahkan hasil setelah keputusan Dewan Menteri (COM) pada tanggal 25 Mei 2018.

(Baca ini: KTT ACP berlangsung di Port Moresby)

Meskipun tidak ada hubungan diplomatik di tempat, Vanuatu telah mendukung Serbia pada beberapa pemilihan selama Majelis Umum Nasional, terutama pencalonan Serbia untuk CRDP (2010), ITU (2010), dan Dewan Eksekutif UNESCO (2015).

Selama diskusi setelah penandatanganan Komunike, Duta Besar yang ditunjuk memperpanjang undangan dari Menteri Luar Negeri Serbia kepada Menteri Luar Negeri Vanuatu untuk melakukan kunjungan resmi ke Beograd. Undangan tersebut diterima dengan ucapan terima kasih oleh Menteri Regenvanu dengan spesifikasi kunjungan yang disepakati bersama oleh kedua belah pihak di lain waktu.

Bidang kerja sama lain yang dibahas termasuk kebutuhan untuk membuat MOU payung yang mungkin antara Vanuatu dan Serbia yang mencakup bidang-bidang kepentingan prioritas - Pendidikan, Kesehatan dan Keamanan - khususnya pelatihan-pelatihan terkait kemanusiaan.

Baca juga: 
  1. PM Inggris Tanda Tangani Surat Permohonan Resmi Brexit
  2. Skotlandia Kembali Minta Referendum Kemerdekaan dari Inggris
Posted by: Admin
Copyright ©DailyPostVU "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top
close