1
Vanuatu Berencana Mengajukan Resolusi untuk West Papua Didaftarkan ke Dekolonisasi PBB
Perdana Menteri VANUATU, (H.E. Mr Charlot Salwai Tabimasmas) saat berpidato di Majelis Umum PBB (UNGA) ke-72 di New York, AS (21/09/2017).
Port Vila -- Menteri luar negeri Vanuatu, Ralph Regenvanu, berniat untuk mengajukan resolusi menyerukan agar West Papua ditorehkan dalam daftar de-kolonisasi PBB di Majelis Umum tahun depan.

Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Charlot Salwai, akan mengambil rancangan resolusi ini ke pertemuan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) di Nauru bulan depan.

Daily Post Vanuatu melaporkan ini terjadi setelah Vanuatu mempresentasikan rancangan tersebut dalam pertemuan menteri luar negeri Pasifik pekan lalu di Apia, Samoa.

Kabar Harian Vanuatu itu melaporkan bahwa, pada pertemuan di Apia, Vanuatu mendapat dukungan dari beberapa anggota Forum, namun hanya Australia, Papua Nugini dan Fiji dilaporkan menyatakan keberatan.

PM Vanuatu mengatakan, Ia akan membawa draft tersebut ke Nauru dan utusan khusus baru yang ditunjuk Vanuatu untuk West Papua, Lora Lini. Dikatakan, beberapa anggota Forum telah mengindikasikan mereka akan mendukung ini.

(Baca ini: PICWP Dorong ACP Rumuskan Resolusi Dukungan Penentuan Nasib Sendiri West Papua)


Posted by:  Admin
Copyright ©Radio New Zealand "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

  1. Thankfull to Vanuatu State Suppoet and helf for free West Papua.

    God Bless You.

    ReplyDelete

 
Top
close