0
Dengan Alasan dan Kepentingan Apapun Manusia tidak Boleh di Dibunuh
Foto: Kiri ke kanan (Pdt. Dorman Wandikbo, Pdt. Benny Giyai dan Pdt. Sofyan Yoman. Mereka adalah tiga pimpinan Gereja di Papua.
Jayapura -- Ada sebuah pertanyaan yang melintasi dibenak saya ketika saya melihat ke tiga pemimpin ini berdiri kokoh bersama rakyat West Papua. Mengapa ketiga pemimpin yang dipilih Tuhan melalui umat Baptis, Gidi, dan Kingmi Papua ini tanpa kesal dan mengeluh menyuarakan penderitaan, tetesan darah, dan cucuran air mata yang terus-menerus berlanjut dari tahun 1960-an hingga kini walaupun hidup dan nyawa mereka terancam?.

Apa yang mendorong mereka tidak berpindah haluan atau ke karir dan bidang lain, seperti para politikus, birokrat, ataupun pebisnis lainnya, pada hal mereka punya potensi dan kesempatan sangat terbuka? Tidak ada alasan yang saya temukan dalam beberapa buku yang pernah di tulis oleh tiga pemimpin ini, KECUALI manusia, manusia adalah alasan utama mereka.

Dengan alasan dan kepentingan apapun manusia tidak boleh di bunuh, dan dibantai karena manusia adalah rupa dan gambar Allah yang harus dilindungi, dihargai dan dihormati. Mereka sangat menjunjung tinggi kasih, keadilan, perdamaian, dan Hak Asasi Manusia.

(Baca ini: 95% Rakyat West Papua Mau Merdeka)

Senyuman manis dan wajah yang penuh ceria ini pertanda dan memberi arti tersendiri. Mereka percaya dan berkeyakinan bahwa suatu saat rakyat dan bangsa West Papua akan akan bebas dan merdeka.

Hari ini mereka berbicara supaya kehidupan dan masa depan generasi dan anak cucu West Papua tidak diatur dan dikhianati oleh para pendatang yang datang mencari makan dan rasa aman di atas tanah West Papua ini.

Mereka punya harapan bahwa kehidupan dan masa depan harus ditentukan oleh generasi dan rakyat West Papua sendiri. Karena mereka sangat mengerti dan paham betul bahwa negara yang pernah dibangun di atas landasan kekerasan militer, penipuan, dan pembohongan tidak pernah bertahan lama. Suatu saat akan hancur dan bubar, negara seperti ini akan mengalami kehilangan sebagian wilayahnya. NKRI salah satunya.

(Baca juga: Socratez Yoman: West Papua, Mabuk KKR dan Mabuk Pasang Lilin)


Copyright ©Majalah Weko "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top