0
ULMWP Minta, agar Rakyat West Papua untuk Memberikan Belasungkawa Terhadap Warga PNG yang Terkena Dampak Bencana Gempa

1 Maret 2018

Atas nama rakyat West Papua, Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP) menyampaikan simpati dan belasungkawa yang terdalam kepada orang-orang Melanesia di Papua Nugini, yang telah mengalami dampak peristiwa gempa dasyat hingga mengakibatkan terjadinya tanah longsor minggu ini.

Dalam pernyataan ULMWP yang dimuat dalam situs resmi www.ulmwp.org, "Bahwa ini adalah tragedi Melanesia sejati dan kami berdiri dalam solidaritas yang kuat dengan saudara-saudari Papua New Guinea dan semua upaya mereka untuk membantu mengatasi bencana alam ini" tulis Ketua ULMWP, Benny Wenda.

ULMWP juga mengirimkan simpati dengan pemerintah Papua New Guinea, termasuk Yang Mulia, Perdana Menteri Peter O'Neill; serta petugas layanan, yang semua melakukan pekerjaan luar biasa dalam membantu memberikan bantuan sebanyak mungkin kepada semua pihak yang terkena dampak peristiwa itu.

Himbauan untuk West Papua

Kami (ULMWP) menghimbau kepada masyarakat West Papua di semua wilayah untuk juga memberikan belasungkawa dan dukungan kemanusiaan bagi sesama kita di Papua Nugini. Secara spiritual dan finansial mereka membutuhkan dukungan kita. Kami berbagi satu tanah dan satu tumbuna - satu nenek moyang. Hanya sebuah perbatasan yang memisahkan kita dari satu sama lain tapi ini adalah saudara dan saudari kita dan kita semua memiliki kewajiban moral untuk mendukung dan membantu mereka dalam krisis kemanusiaan ini.

Menurut laporan, lebih dari 30 orang di Papua Nugini telah terbunuh dan ribuan lainnya terkena dampaknya. Oleh karena itu, dari Sorong ke Samarai, kami menghimbau umat kami untuk bersatu dalam solidaritas dengan saudara laki-laki dan perempuan di sisi lain tanah ini.

Meskipun kami tidak mengalami tingkat kerusakan yang sama, tepat di seberang West Papua kami juga merasakan efek dan rasa sakit dari gempa dahsyat ini, yang mengguncang seluruh pulau kami.

...Lihat ini: ULMWP Turut Berbelasungkawa atas Bencana yang Dialami Masyarakat Melanesia di Papua Nugini 

Sebagai sesama Melanesia di satu daratan (wan solwara), kita semua berbagi pengalaman yang sama dan telah melakukannya melalui nenek moyang kita bersama selama puluhan ribu tahun. Rasa sakit Anda (PNG) adalah rasa sakit kami (West Papua). Kesedihan Anda adalah kesedihan kami. Kami mengucapkan belasungkawa kepada semua orang yang menderita di kedua sisi perbatasan ini dan kami mengirimkan simpati kami yang paling dalam kepada keluarga semua penatua, saudara-saudari yang kehilangan nyawa mereka. Kepada semua orang yang terkena dampak, kami mengharapkan pemulihan dan rehabilitasi Anda dan kami berdoa agar semua ini terjadi sesegera mungkin.

Seperti gempa bumi, rasa sakit saudara dan saudari bisa dirasakan di kedua sisi tanah ini. Kami, orang-orang West Papua merasakan sakit Anda dan kami akan terus berdoa untuk Papua Nugini dan berdiri dalam solidaritas dengan orang-orang kami di sisi lain, sekarang dan seterusnya.

Doa, simpati dan dukungan kami selalu menyertai Anda.

Benny Wenda
Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP)

Kontak ULMWP dapat dihubungi: Alamat Kantor ULMWP: Jl. Winston Churchill, Port Vila, Republik Vanuatu. Web: www.ulmwp.org Email: [email protected]/ Telepon +441865403202


Posted by: Admin
Copyright ©ULMWP | Tabloid WANI "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top