Yohana Yembise: Campak dan Gizi Buruk Rugikan Papua

Share Story

Yohana Susana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Kabinet Kerja 2014-2019.
Jakarta — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan kejadian luar biasa campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua sangat merugikan Papua karena yang menjadi korban kebanyakan adalah perempuan dan anak-anak.

“Perempuan dan anak-anak adalah pilar suatu bangsa. Papua sangat dirugikan karena banyak perempuan dan anak yang meninggal karena campak dan gizi buruk,” kata Yohana dalam rapat konsultasi dengan pimpinan DPR di Jakarta, hari Kamis (1/2).


Karena itu, Yohana mendorong pemerintah daerah agar mendahulukan kepentingan perempuan dan anak. Ada beberapa hak anak yang tidak bisa ditinggalkan khususnya terkait dengan tumbuh kembangnya.

Begitu pula dengan para perempuan, Yohana mengatakan faktor budaya di Papua menyebabkan banyak perempuan tidak mendapatkan pendidikan yang ujungnya adalah pemenuhan kesehatan dan tumbuh kembang anak.

“Karena itu kami siapkan program pemberdayaan perempuan berupa pelatihan sederhana. Yang penting perempuan bisa memasak yang baik dan sehat untuk anaknya dan bisa mencuci pakaian serta mencuci tangan agar kehidupan keluarganya sehat,” tuturnya.

Selain itu juga ada program Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), yaitu layanan konsultasi kepada keluarga khususnya perempuan agar wawasan mereka bisa lebih terbuka.


“Perlu peran laki-laki juga untuk melindungi perempuan dan anak. Di Papua banyak perkawinan anak terjadi. Mereka belum siap secara reproduksi, akhirnya memiliki anak di usia muda,” katanya.

Rapat konsultasi pemerintah dengan pimpinan DPR dipimpin Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Kesra Fahri Hamzah dengan dihadiri Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Komisi IX Dede Yusuf, Wakil Ketua Komisi IX Syamsul Bachri, Wakil Ketua Komisi IX Ermalena dan sejumlah anggota lain.

Menteri yang hadir pada rapat konsultasi itu adalah Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ancandra Tahar.

Copyright ©Satu Harapan “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.