0
Foto: Wakil Ketua ULMWP Octovianus Mote (kiri) dan Sekretaris ULMWP Rex Rumakiek (kanan) sedang mengikuti KTT MSG dalam ruangan salah satu hotel di Port Moresby, PNG.
Port Moresby -- Kampanye untuk West Papua diberikan keanggotaan penuh di Melanesia Spearhead Group atau (MSG) dimulai pada tahun 2016, dan ketika itu, West Papua diberi status Pengamat dalam MSG.

Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua yang disingkat (ULMWP) ini terus berupaya keras untuk mendapatkan keanggotaan penuh, dan kampanye untuk memobilisasi dukungan telah mendapat perhatian sepenuhnya dari Pemerintah PNG selama KTT Melanesia ke-21 yang dimulai (10-15 Februai 2018) di Port Moresby.

West Papua mencari keanggotaan penuh dalam forum MSG sebagai strategi untuk menyelesaikan konflik damai yang sekarang dihadapi dengan Pemerintah Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan bersama, juru bicara Jacob Rumbiak dan ketua ULMWP Benny Wenda dalam rombongan telah hadir untuk mencari keanggotaan penuh untuk West Papua dalam MSG.

West Papua sebagai Pengamat Forum MSG, mereka diundang oleh Pemerintah PNG, dengan harapan saudara-saudara Melanesia akan mendukung mereka yang bertujuan untuk memobilisasi dukungan terhadap referendum kemerdekaan.

...Baca ini: KTT di PNG, Pemimpin Membahas Masalah Keanggotaan dalam MSG

Di seluruh Pasifik, kelompok yang mendukung kampanye 'Free West Papua' telah menggalang tujuan ini.

Bahkan Yanto Awerkion, seorang tahanan politik yang ditangkap oleh polisi Indonesia karena telah berbicara tentang permohonan penentuan nasib sendiri bagi West Papua. Ia mengirim pesan dari dalam Penjara di Timika kepada para anggota MSG yang menghadiri forum di Port Moresby.
Upaya West Papua dalam Mencari Keanggotaan Penuh di MSG
Foto: Keluarga sedang menenggok Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika, Yanto Awerkion dalam Tahan di penjara di Timika, Papua (14/11/2017).
Berbicara dalam Bahasa, dia mengatakan 'Saya Yanto Awerkion, sebagai tahanan politik di West Papua, memiliki pesan untuk MSG, pada KTT yang sedang berlangsung di Papua Nugini.

"Saya meminta negara-negara Melanesia untuk menerima West Papua sebagai anggota penuh di MSG. Terima kasih. Free West Papua. "

...Simak ini, tentang Yanto Awerkion: Persidangan Yanto Awerkion Ditunda Hingga 9 Januari 2018

Rabu ini (14 Februari), pernyataan akan dibuat oleh pemimpin MSG, anggota asosiasi dan pengamat.

Sekjen MSG, Duta Besar Amena Yauvoli, mengatakan bahwa keputusan untuk keanggotaan baru hanyalah hak prerogatif para pemimpin.
Icon KTT MSG ke-21 di Port Moresby, Papua Nuguni.
Posted by: Admin
Copyright ©Loop PNG | Tabloid WANI "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top
close