0
ULMWP Memenuhi Prasyarat untuk Keanggotaan MSG
Siaran Pers: ULMWP

Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua atau disingkat (ULMWP) di Port Moresby memenuhi prasyarat untuk Keanggotaan MSG.

ULMWP mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada Perdana Menteri Peter O'Neill dan Pemerintah PNG karena telah mengundang ULMWP ke KTT Pemimpin Melanesia (MSG) ke-21 dari tanggal 10-15 Februari 2018 di Port Moresby.

Juru Bicara ULMWP Jacob Rumbiak berharap penerapannya menjadi anggota penuh akan terwujud pada pertemuan ini, karena "inilah aspirasi semua rakyat West Papua untuk bergabung dengan organisasi saudara kita Melanesia".

"Menjadi anggota penuh MSG bukan hanya keinginan politik, tapi yang lebih penting adalah menghubungkan kembali diri kita dengan keluarga Melanesia kita" tambahnya.

"Ini semua tentang menghormati martabat manusia dan masalah keluarga, ini bukan permainan politik Kami adalah bagian dari keluarga besar Melanesia".

Rakyat West Papua mengajukan keanggotaan MSG di Noumea (Kaledonia Baru) pada tahun 2013 namun ditolak dengan alasan bahwa mereka tidak bersatu. Aplikasi tersebut diwakili pada tahun 2014, namun Perdana Menteri PNG O'Neil merekomendasikan lebih banyak pekerjaan mengenai masalah kriteria keanggotaan yang penting.

Kemudian pada tahun 2014, Pemerintah Vanuatu memfasilitasi pertemuan para pemimpin West Papua di Port Vila, di mana rakyat bersatu di bawah koordinasi "Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua" pada tanggal 6 Desember 2014.

Pada pertemuan terakhirnya di Vanuatu, pada bulan Desember 2017, ULMWP mereformasi struktur kepemimpinannya untuk mencerminkan pembentukan fungsi Eksekutif, Legislatif dan Yudisial. Ini menerbitkan agenda politik dan sosial jangka pendek, menengah, dan panjang, dan menunjukkan kesatuan militer West Papua yang ikonik.

"Sekarang, semua teman kami dari seluruh dunia, keluarga kami di Polinesia, Mikronesia, dan Melanesia, bersama orang Papua dari Sorong ke Samurai, sedang berdoa untuk kabar baik dari Perdana Menteri O'Neil dan pemimpin MSG lainnya."
_______________________
Simak beberapa postingan terkait "ULMWP-MSG" berikut ini:
  1. Upaya West Papua dalam Mencari Keanggotaan Penuh di MSG
  2. Aktivis Papua Merdeka di PNG terhadap O'Neill dan MSG
  3. Apa yang akan Terjadi pada KTT MSG di Port Moresby?
Posted by: Admin
Copyright ©Scoop Media "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top
close