0
Kopi Wamena, Mantap Bro!
Wamena -- Bagi penikmat kopi, sudah tentu tahu berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki kopi khas masing-masing daerah. Kondisi alam yang tropis membuat kopi dapat tumbuh subur dan menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi para petaninya.

Nah di Papua, yang terkenal adalah kopi Wamena. Sejenis kopi Arabika ini tumbuh subur di wilayah ketinggian sekitar 15.000 kaki dari permukaan laut dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi-kopi ini merupakan kopi yang diklaim memiliki kualitas terbaik, dengan kandungan kafein yang sedikit. Kopi Wamena memiliki aroma yang wangi dan khas, bertekstur soft, serta bagi penikmat kopi, kopi Wamena juga memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang manis.

Tempat budidaya kopi di Wamena salah satunya di Kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya. Dikampung ini, hampir seluruh warganya bertani kopi, selain umbi betatas sebagai makanan pokok warga setempat.

Penanaman kopi di kampung ini masih sangat tradisional. Berbekal alat pertanian seadanya, berbekal tanah yang subur, membuat petani hanya melakukan pembersihan di sekitar tanaman, tanpa ada pemupukan.

Pengelolaannya pun juga masih sangat tradisional, dari panen, pengupasan dan produksi, warga hanya menggunakan alat alakadarnya, tanpa ada mesin penggiling. Namun, sekira dua tahun terakhir, budidaya kopi di wilayah Wamena Kabupaten Jayawijaya, termasuk juga di wilayah lain di pegunungan Papua, mulai ada perhatian pemerintah dan pihak lain dengan pemberian bantuan mesin penggiling biji kopi.

Sili Gombo Ketua kelompok Tani Kopi di Kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya yang merupakan petani kopi binaan Kodim 1702/Jayawijaya salah satunya, mengharapkan jika kopi hasil panen masyarakat di kampungnya tersebut dapat dijual hingga keluar negeri.

“Selama ini ya dengan bantuan pemerintah daerah dan pihak lain seperti TNI/Polri, kami mengolah biji kopi dan menjualnya di berbagai swalayan yang ada di Wamena,” kata Sili.

“Sementara, untuk menjual hingga keluar daerah hingga sampai keluar negeri, kami belum bisa lakukan,”tambahnya.

Atas hal itu, dirinya bersama para petani kopi di wilayah tersebut, meminta pemerintah daerah untuk memberikan jalan distribusi hingga kopi Wamena yang gaungnya sudah luas tersebut, bisa di jual di pasar internasional.

“Ya paling ada yang membeli kopi kami terus menjualnya di luar sana, tapi dari kami sendiri belum ada. Kalau bisa kami juga di ajari untuk jual keluar sana,”ujarnya, seperti dilansir okezone.com.

Sejarah Kopi Wamena

Jenis kopi Arabika Wamena ini tumbuh di lembah Baliem daerah pegunungan Jayawijaya Wamena. Yang menarik adalah pertumbuhan dari jenis tanaman kopi ini tidak menggunakan pupuk kimia. Jenis kopi Arabika Wamena ini dapat tumbuh subur secara alami.

Yang menarik adalah kopi Wamena telah dinikmati oleh penggemar kopi dari seluruh dunia. Terutama adalah di warung kopi dan kafe yang ada di Wamena, selain itu jenis kopi ini telah menjadi produk unggulan tersendiri dari masyarakat Wamena. Kualitas dari jenis kopi ini memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain.

Keunggulan kopi Wamena

Keunggulan dari kopi Wamena ini salah satunya adalah kemampuannya untuk tumbuh secara alami dan tidak menggunakan bahan pupuk kmia. Selain itu kelebihan dari jenis kopi ini dikenal mempunyai aroma dan rasa yang khas. Jenis kopi ini juga tidak memiliki rasa asam karena kadar asam yang terlihat lebih rendah. Jika kita melihat dari sisi penyajian kopi yang ada terlihat memiliki berbagai macam jenis proses penyajian yang menarik.

Kita dapat melihat bagaimana proses penyajian masing-masing jenis kopi terilhat berbeda. Ada beberapa tenik penyajian proses kopi yang terlihat berbeda, yaitu saat kopi diseduh dengan menggunakan air mendidih. Jika kita melihat bagaimana teknik seduh yang terlihat sederhana dan banyak dipakai adalah dengan memasukkan kopi ke dalam cangkir kemudian di seduh dengan menggunakan air mendidih.

Tetapi yang menarik ternyata ada tiga teknik seduh yang dapat kita gunakan dalam menyajikan jenis kopi yang enak. Yang menarik adalah teknik seduh kopi juga telah menggunakan beberapa jenis alat yang berbeda. Kita dapat melihat bagaimana teknik penyeduhan kopi juga memiliki hasil yang berbeda-beda.

Ada teknik penyeduhan yang menggunakan jenis filter kertas dan yang membedakannya adalah dari sisi cara untuk dapat menuangkannya akan dapat melahirkan rasa kopi yang terlihat berbeda. Biasanya ada cara filter yang dapat dibasahi terlebih dahulu tetapi ada juga yang tidak, kita dapat melihat masing-masing proses penyeduhan akan dapat membuat rasa kopi terlihat berbeda.

Kopi Papua Wamena Pilihan Para Pecinta Kopi

Yang lebih menarik tentu saja adalah bagaimana kualitas kopi yang ada di Wamena telah dikenal oleh seluruh dunia terutama bagi penggemar kopi. Kita dapat merasakan manfaat dari minuman kopi ini. Sebagai salah satu contoh manfaat dari minuman kopi yang kita tahu adalah untuk dapat mengurangi rasa ngantuk sejenak terutama saat kita sedang bekerja. Jika anda seorang pecinta kopi, kopi Wamena tentunya salah satu jenis kopi yang patut untuk dicoba. Mari minum kopi Wamena!
_________________________

Baca ini: Baliem Arabica Coffie Hadir di Arena FDS 


Copyright ©Papua Greater "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top