0
Jhon Wempi Geram Berkas Keaslian Orang Papua "Hilang"
Jhon Wempi Wetipo.
Jayapura -- Berkas keaslian orang Papua dari Majelis Rakyat Papua (MRP) urung ada, membuat bakal Calon Gubernur Papua John Wempi Wetipo geram.

Kepada wartawan di depan kantor KPU Papua di Jayapura sore tadi, John balik heran dan mempertanyakan jika MRP ragu dengan keasliannya sebagai orang asli Papua.

"Sekarang pertanyaannya apakah saya ini bukan orang asli Papua. Kan begini, pak Lukas Enembe, pak Klemen Tinal dan pak Habel Melkias Suwae sudah pernah bertarung di Pilkada Gubernur 2013 dan otomatis lolos verifikasi ini, jadi tinggal saya yang belum," katanya.

Meski begitu, dirinya mengaku siap jika harus diperiksa malam ini. "Jadi kan tinggal saya yang belum. Saya siap ke MRP malam ini. Ke MRP klarifikasi satu dua jam sudah selesai. Tidak usah diperpanjang," ucapnya.

Dikatakannya, meski Papua saat ini menyandang status Otsus, tapi di PKPU (Peraturan KPU) tidak berlaku Otsus.

"PKPU hanya mengatur penyelenggaraan tahapan pemilukada. Memang satu pasal saja yang mengatur pertimbangan keabsahan orang asli Papua," katanya.

Terkait sikapanya jika hingga batas waktu yang ditentukan pada pukul 23.00 WIT nanti pihak KPU belum juga menerima berkas dari MRP, maka kredibilitas KPU dan Bawaslu dipertaruhkan.

"Saya inikah peserta andai mereka memutuskan tidak sesuai syarat ketentuan atau tidak, jangan kemudian jika MRP tidak memberikan pertimbangan kemudian jerih payah yang sudah kita lakukan berbulan bulan ini kemudian kita digugurkan kan tidak rasional,"punkasnya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoy diruang rapat pleno mengakui jika kedua pasangan bakal calon Gubernur dan wakil gubernur Papua yakni Lukas Enembe- Klemen Tinal dan John Wempi Watopo- Habel Melkias Suwae adalah orang asli Papua.

"Itu de facto-nya, dan dengan de jure-nya belum ada sampai saat ini, dari MRP," katanya.


Copyright ©OkeZone "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top