0
Ini Transkrip Pidato Ketua ULMWP Benny Wenda pada KTT Pemimpin MSG ke-21
Pada tanggal 14 Februari 2018.

Terhormat Peter O'Neil, Perdana Menteri Papua New Gunea dan Ketua MSG.

Tankiu tumas long infaitim mi blong tok tok insaid long Haus Tambaran blong yu.
Saya mengakui Yang Mulia Rick Houenipwela Perdana Menteri Solomon Islands, Yang Terhormat Charlot Salwai Tabimasmas Perdana Menteri Republik Vanuatu, Yang Terhormat Ratu Inoke Kubuabola, Menteri Pertahanan dan Keamanan Dalam Negeri, Republik Fiji dan Yang Mulia Victor Tutogoro, pemimpin FLNKS .

Delegasi saya, juga menyampaikan salam kepada Dr. Dersa Percaya dan delegasi Indonesia.

Saya menggunakan kesempatan ini untuk juga mengakui mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon Yang Terhormat Menase Sogovare atas pelayanannya yang berharga kepada Melanesia, khususnya dedikasinya untuk menyelesaikan masalah West Papua.

Saya juga mengakui Duta Besar Amenatave Youvoli dari Direktur Jenderal Sekretariat MSG dan Stafnya yang berdedikasi atas pelayanan mereka yang tak kenal lelah kepada masyarakat Melanesia.

Hadirin sekalian, saya menyapa anda semua dalam bahasa saya, Wa wa wa wa.

Pemimpin terhormat Melanesia yang independen, orang West Papua berhutang budi kepada Anda atas usaha serius Anda untuk mengakhiri konflik 55 lama tahun ini yang menyebabkan begitu banyak penderitaan dan trauma bagi masyarakat kita. Sejak keputusan Anda di Noumea pada bulan Juni 2013 untuk mengenali hak kita yang tidak dapat dicabut untuk menentukan nasib sendiri, kami membuat kemajuan besar dalam usaha kami. Kami menanggapi positif dorongan Perdana Menteri O'Neil untuk persatuan. Dengan bantuan rakyat dan Pemerintah Vanuatu, pemimpin kita membentuk ULMWP dan menandatangani Deklarasi Saralana tentang kesatuan. ULMWP adalah gerakan masyarakat yang berbasis di West Papua. Tapi untuk alasan keamanan, kantor pusat internasionalnya berbasis di Port Vila, Republik Vanuatu. Pada bulan Desember tahun lalu kami telah mengupgrade ULMWP ke sebuah organisasi penuh dengan seorang Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Juru Bicara dan Bendahara. Badan Peradilan dan Legislatif Gerakan berada di negara ini. Peningkatan ini diperlukan untuk mengantisipasi menjadi anggota MSG yang bertanggung jawab.

Pemimpin terhormat, Yang Mulia, Hadirin yang saya muliakan.

Kami bukan negara bangsa namun bagaimanapun juga FLNKS kami juga ingin menjadi anggota penuh dari lembaga sub regional ini. Ini karena kita sangat percaya pada nilai Melanesia tentang inklusivitas sebagai sebuah keluarga. Kedua, karena isu-isu Kanaky dan West Papua adalah alasan untuk pembentukan lembaga sub-regional di Goroka sekitar 30 tahun yang lalu.

Yang terhormat Perdana Menteri dan pemimpin yang terhormat, kami sangat yakin bahwa isu West Papua dapat diselesaikan dengan cara Melanesia. Anda memiliki pengalaman menempatkan Kanky dan Polinesia Prancis pada daftar Dekolonisasi. Oleh karena itu lembaga ini memiliki kapasitas untuk menyelesaikan Masalah West Papua.

Untuk menyimpulkan, saya ingin mengutip kata-kata bijak dari dua pemimpin Melanesia,

Mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Akhir Salomo Mamaloni, ketika dia berbicara kepada pemimpin OPM Seth Rumkorem, dia menyatakan, "perjuangan Anda adalah perjuangan saya, jika generasi kita tidak melakukan apapun, selamanya kita akan dikutuk oleh generasi mendatang."

Pemimpin lainnya, Mantan Perdana Menteri Vanuatu, Pastor Walter Lini mengatakan, "Vanuatu tidak sepenuhnya bebas sampai orang-orang Melanesia lainnya dijajah bebas".

Pemimpin terhormat, Yang Mulia, Tuan-tuan dan Nyonya-nyonya sekalian,

Tankiu Tumas, Merci Beaucoup, Vinaka Vakalevu, Wa Wa Wa Wa


Benny Wenda
Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP)
_____________________
...Baca beberapa postingan tentang "ULMWP-MSG" berikut ini:
  1. ULMWP Memenuhi Prasyarat untuk Keanggotaan MSG 
  2. Benny Wenda: ULMWP Siap Bekerja Sama dengan MSG 

Posted by: Admin
Copyright ©ULMWP | Tabloid WANI "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]

Post a Comment

 
Top
close