Konser Rock Internasional untuk West Papua di Cairns

Share Story

Konser Rock Internasional untuk West Papua di Cairns
Gambar: Poster konser Rockin’ for West Papua.

AUSTRALIA, Cairns — Kondisi West Papua untuk mendapatkan dukungan kemerdekaan dari Indonesia telah menyebar hingga ke Cairns, Australia.

Papua yang merupakann salah satu provinsi di Indonesia, sekitar 250km di bagian utara dari Australia, yang diserahkan oleh Belanda kepada Indonesia pada tahun 1969. Sekitar 500.000 rakyat West Papua telah meninggal di tangan militer Indonesia sejak saat itu.

Konser Rock Internasional untuk West Papua di Cairns
Musisi yang tampil di konser Rockin ‘for West Papua akhir pekan ini. Cameron Cusack (kiri), Samantha Clark – Kaweyova (tengah) dan Nigel Perera (kanan).

Rakyat West Papua mendapatkan dukungan dari Australia bagian Utara ini pada konser Rockin ‘for West Papua akhir pekan ini untuk mengumpulkan dana bagi Persatuan Gereakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP).

ULMWP merupakan wadah representatif bangsa Papua yang sedang memperjuangkan sebuah referendum kemerdekaan dari Indonesia.

Lihat ini: Dari Catalunya, Kurdi Hingga Papua, Kawasan-kawasan yang Berusaha Merdeka

Pemusik kelahiran Papua New Guinea (PNG) Samantha Clark, yang tampil dengan nama Kaweyova, mengatakan bahwa saat ini West Papua memiliki lebih banyak dukungan dari tetangganya.

“Ini sangat dekat dengan hati saya karena mereka cukup banyak bangsaku dan melihat sulitnya mereka berjuang keras untuk kebebasan,” katanya.

“Kami (PNG) memperoleh kemerdekaan pada tahun 1975 dan di sisi lain saya,West Papua begitu dekat, merupakan tetangga kita, mereka  berjuang untuk kebebasan namun jika tidak mendapatkan dukungan… itu menghancurkan hatiku.

“Ini adalah, benar-benar sesuatu perubahan yang ingin saya lihat.

“Sudah berlangsung selama bertahun-tahun hingga sekarang, dan belakangan ini banyak orang sudah mulai membicarakannya, jadi mudah-mudahan akan terjadi suatu perubahan.”

Penyelenggara Rockin’ untuk West Papua, Cameron Cusack mengatakan, bahwa tujuan dari konser tersebut adalah untuk mendidik dan mengumpulkan dana yang sangat dibutuhkan untuk perjuangan membebaskan West Papua.

“Cairns memiliki komunitas PNG yang besar sehingga sangat baik untuk membawa acara ini ke Cairns,” katanya. ” Kami meningkatkan kesadaran untuk menghentikan kekejaman di sana dan untuk membuat perubahan (West Papua).”

Baca ini: Komisi Katolik Brisbane Desak RI Jawab Petisi West Papua di PBB

Penyelenggara Nigel Perera mengatakan bahwa line-up dipilih untuk mencerminkan maksud konser tersebut. “Semua bakat kami berasal dari Papua Nugini, sehingga sangat dekat dengan rumah,” katanya.

“Kami telah berkomunikasi dengan masyarakat Papua New Guinea dan mereka sangat senang melihat orang-orang Cairns bangkit dari belakang untuk West Papua dan mendukung.”

Pertunjukkan Rockin ‘untuk West Papua di Cairns akan dilakukan dua kali. Pertunjukan pertama utnuk dewasa diatas 18+ thn di Empire HQ Club di Cairns dengan biaya tiket masuk $ 15 atau sekitar Rp. 200.000,-. Dan untuk usia bebas setiap Sabtu di Fogarty Park dimulai pukul 2 siang.

Catatan:
Selengkapnya, Anda dapat mengikutinya melalu Halaman Facebook ini: @Rockin’ for West Papua

Posted by: Admin
Copyright ©Cairns Post “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.