Dokter Spesialis di Lanny Jaya Masih Minim
Salah satu pemukiman warga Papua di wilayah Mamberamo Raya, pelayanan kesehatan masih dibutuhkan masyarakat setempat.
Jayapura -- Kabupaten Lanny Jaya hingga kini masih kekurangan dokter umum dan dokter spesialis, khususnya dokter gigi. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lanny Jaya Mecky Yigibalom kepada wartawan di Jayapura, Rabu (31/5/2017).

“Di Lanny Jaya khususnya masih kekuarangan banyak dokter gigi, di sana hanya satu dokter itupun hanya bertugas di ibu kota kabupaten, sedangkan idealnya setiap Puskesmas harus memiliki satu dokter gigi,” katanya.

Selain itu, menurutnya, tidak adanya dokter umum di beberapa Puskesmas yang berada di wilayah yang dipimpinnya, sehingga yang ada hanya tenaga kesehatan seperti perawat dan bidan, itupun sangat terbatas.

"Satu Puskesmas hanya punya dua hingga lima orang tenaga kesehataan,” ujarnya.

Untuk itu Yigibalom berharap Dinas Kesehatan Provinsi Papua bisa melihat persoalan yang dialami pihaknya. Terkait kekurangan dokter spesialis dan umum serta kekurangan SDM dibidang kesehatan, pihaknya sudah melaporkan kepada Tim Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP).

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Alysius Giyai mengatakan, kini Dinas Kesehatan Provinsi Papua mendorong pembentukan tim kesehatan bergerak di masing-masing kabupaten dan kota di provinsi itu. (*)


Copyright ©Tabloid JUBI "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: [email protected]
 
Top