Warga Heram Minta Pasar Dibangun di Terminal Sentani-Waena

Share Story

Warga Heram Minta Pasar Dibangun di Terminal Sentani-Waena
Masyarakat perbatasan berjualan di pinggir Jalan Ekspo. Foto: Hengky Yeimo
Jayapura — Warga Heram yang menjadi pedagang di pinggir Jalan Ekspo meminta Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindakop untuk merealisasikan janji membangun pasar di Terminal Sentani Waena.
Menurut mereka Pemko pernah berjanji akan membangun pasar di area perbatasan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura bila terminal telah dibangun di sana.
Kety Deda, pedagang sayuran mengatakan, sebenarnya pasar telah ada di sepanjang Terminal Ekspo, tepatnya di parkiran taksi tujuan Sentani. Hanya saja tidak digunakan pedagang karena lokasinya tidak strategis.
“Tempat itu tidak digunakan, kalau bisa kami minta pemerintah Kota Jayapura untuk membangun pasar baru di terminal baru nantinya, sesuai janji mereka pada 2015,” katanya kepada Jubi, Kamis (12/1/2017).
Menurut Kety lokasi untuk pasar tersebut sudah ada. Ia berharap di terminal baru tersebut bisa dibangun pasar agar ia dan kawan-kawannya bisa berjualan di sana. Tidak seperti sekarang yang berjualan di pinggir jalan.
Sebelumnya Kepala Dinas Perindakop Robert Awi mengatakan, berkaitan dengan pembangunan pasar di terminal pihaknya akan menggunakan dana alokasi khusus dan bukan APBD Kota Jayapura.
“Kami mengajukan usulan kepada Kementerian Perdagangan untuk membantu memfasilitasi pembangunan pasar perbatasan Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura yang menjadi batas kota Jayapura,” katanya.
Menurutnya, itu sebenarnya rencana lama, karena pihaknya ingin memberikan tempat yang lebih baik bagi Mama-Mama Papua berjualan sayur, ikan, dan buah.
“Pasar ini akan menjadi penyangga terminal perbatasan kabupaten-kota Jayapura,” kata Awi. (*)
Copyright ©Tabloid JUBIHubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.