0
KTT MSG Diusulkan 20 Desember di Port Vila
Sekretariat MSG, Port Vila, Vanuatu - IST
Jayapura – KTT Pemimpin MSG yang telah tertunda sejak Oktober akan dijadwalkan Desember 2016 mendatang, demikian pernyataan Direktorat Jenderal Sekretariat Melanesian Spearhead Group (MSG), Amena Yauvoli.

Berbicara di Vanuatu Nightly News baru-baru ini, seperti dilansir Pacific Islands News Association, Selasa (15/11/2016), Yavouli mengatakan jika seluruh pemimpin MSG setuju, maka KTT akan dilangsungkan 20 Desember 2016.

“Saat ini kami sedang meminta persetujuan negara-negara anggota terkait usulan tanggal dari ketua MSG yakni 20 Desember,” ungkapnya. Sekretariat masih menunggu konfirmasi dari negara-negara anggota menetapkan keputusan tanggal.

Ketika ditanyakan kemungkinan penundaan kembali pertemuan ke tahun 2017 jika tidak mencapai konsensus tanggal pelaksanaan, Dirjen mengatakan tergantung pada para pemimpin MSG.

“Kemungkinan itu ada, namun organisasi ini kan berbasis anggota dimana keputusan dibuat oleh anggota dan pemimpin,” ujarnya sambil menekankan fungsi Sekretariat hanya memfasilitasi dan merekomendasikannya kepada pemimpin.

“Jika mayoritas pemimpin bertanggung jawab untuk mengadakan pertemuan tanggal 20 Desember, maka kami akan kerjakan,” kata Yauvoli.


Yauvoli membenarkan bahwa agenda yang paling ditunggu-ditunggu adalah status keanggotaan yang kembali akan didiskusikan setelah KTT Khusus Pemimpin di Honiara, Kepulauan Solomon, Juli lalu.

Sebelumnya KTT Pemimpin MSG dijadwalkan di Port Vila, Vanuatu 3-4 Oktober 2016 lalu. Saat itu Vanuatu West Papua Association (VWPA) menyelenggarakan Wantok Summit, yang diikuti oleh organisasi-organisasi sipil Free West Papua, kelompok-kelompok pendukung di Melanesia, termasuk United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) seiring rencana KTT Pemimpin MSG tersebut.

Pastor Allan Nafuki, waktu itu menegaskan semua organisasi masyarakat sipil di PNG, Kepulauan Solomon, Vanuatu, New Caledonia, dan Fiji 100% mendukung sikap pimpinan MSG, Manasseh Sogavare terhadap keanggotaan penuh ULMWP di MSG, “Saya mau tekankan, rasio dukungan itu 100%, sekali lagi 100%.”(*)


Copyright ©Tabloid JUBI

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top