0
Freeport Tunjuk Chappy Hakim Jadi Presiden Direktur PTFI
Ilustrasi. Kegiatan operasi tambang PTFI dan Chappy Hakim. (Foto: ptfi.co.id dan wikipedia)
Jakarta -- Freeport McMoran Inc menunjuk Chappy Hakim sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) menggantikan Maroef Sjamsoeddin.

Pemberitahuan penunjukkan tersebut disampaikan Richard C. Adkerson CEO Freeport McMoran melalui Interoffice Memorandum tanggal 19 November 2016. Informasi tersebut diterima satuharapan.com tengah malam.

Juru bicara PTFI Riza Pratama yang ditanyakan kebenaran informasi tersebut mengatakan Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham.

“Pak Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. Penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham,” kata Riza Pratama kepada satuharapan.com dalam pesan singkat, hari Minggu (20/11) pagi.

Senada dengan Riza, dalam Interoffice Memorandum, Adkerson mengatakan, penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi pemegang saham.

"Dengan gembira saya mengumumkan bahwa Chappy akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia,” tulis Adkerson, hari Sabtu (19/11).

“Chappy telah menjadi penasihat senior PT Freeport Indonesia sejak Agustus 2016. Beliau bergabung dengan PTFI setelah menyelesaikan karir di Angkatan Udara Indonesia," dia menambahkan.

Adkerson mengatakan, jabatan terakhir Chappy adalah Kepala Staf Angkatan udara dengan pangkat Marsekal. Chappy juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi, anggota staf ahli di Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan, dan penasihat di Asosiasi Aircraft Component Kementerian Perindustrian.

Chappy Hakim.
Menurut Wikipedia, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim adalah seorang tokoh militer Indonesia. Pria kelahiran 17 Desember 1947 ini pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) periode 2002 - 2005.

Chappy lahir dari pasangan Abdul Hakim dan Zubainar. Ayahnya merupakan salah seorang wartawan yang ikut mendirikan kantor berita Antara. Setelah selesai dari dinas kemiliteran, Chappy lebih banyak menulis. Di samping menulis buku, Chappy juga aktif menulis di blog pribadinya.

“Beliau juga merupakan kolumnis pada berbagai media nasional terkemuka, pembicara di berbagai universitas serta seminar nasional dan internasional. Lebih dari 15 buku utamanya tentang penerbangan dan pertahanan telah dihasilkan olehnya,” kata Adkerson.

Sebelumnya Maroef Sjamsoeddin mengundurkan diri sebagai Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia pada 18 Januari 2016, setelah sekitar setahun bekerja.

Freeport McMoRan, perusahaan induk Freeport Indonesia, telah menerima pengunduran diri tersebut. Posisi Presdir kemudian dijabat sementara oleh Robert Schroder.

PT Freeport Indonesia

Merupakan perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan. PTFI menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak. Beroperasi di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Indonesia. Kami memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak ke seluruh penjuru dunia.

Kompleks tambang milik kami di Grasberg merupakan salah satu penghasil tunggal tembaga dan emas terbesar di dunia, dan mengandung cadangan tembaga yang dapat diambil yang terbesar di dunia, selain cadangan tunggal emas terbesar di dunia.

Grasberg berada di jantung suatu wilayah mineral yang sangat melimpah, di mana kegiatan eksplorasi yang berlanjut membuka peluang untuk terus menambah cadangan kami yang berusia panjang.

Tentang Freeport-McMoRan

Freeport-McMoRan (FCX) merupakan perusahaan tambang internasional utama dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. FCX mengelola beragam aset besar berusia panjang yang tersebar secara geografis di atas empat benua, dengan cadangan signifikan terbukti dan terkira dari tembaga, emas dan molybdenum.

Mulai dari pegunungan khatulistiwa di Papua, Indonesia, hingga gurun-gurun di Barat Daya Amerika Serikat, gunung api megah di Peru, daerah tradisional penghasil tembaga di Chile dan peluang baru menggairahkan di Republik Demokrasi Kongo, kami berada di garis depan pemasokan logam yang sangat dibutuhkan di dunia.

Freeport-McMoRan merupakan perusahaan publik di bidang tembaga yang terbesar di dunia, penghasil utama di dunia dari molybdenum – logam yang digunakan pada campuran logam baja berkekuatan tinggi, produk kimia, dan produksi pelumas – serta produsen besar emas.

Selaku pemimpin industri, FCX telah menunjukkan keahlian terbukti untuk teknologi maupun metode produksi menghasilkan tembaga, emas dan molybdenum. FCX menyelenggarakan kegiatan melalui beberapa anak perusahaan utama; PTFI, Freeport-McMoRan Corporation dan Atlantic Copper.



Copyright ©Satu Harapan

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top