0
Penambahan pasukan bukan solusi amankan Pilkada
Keamanan - IST
Jayapura, Jubi - Sekretaris II Dewan Adat Papua (DAP), Jhon N.R. Gobay menyatakan penambahan pasukan ke wilayah yang dianggap rawan oleh pihak kepolisian pada Pilkada serentak 2017 mendatang bukan solusi.

Ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Paniai itu mengatakan, penambahan pasukan ke kabupaten yang dianggap rawan bukan jaminan. Yang harus dilakukan adalah mencari akar masalah. Misalnya saja di Kabupaten Dogiyai.

"Misalnya di Dogiyai. Polda Papua jangan hanya menyebut kabupaten itu rawan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2017 kemudian menambah pasukan ke sana. Itu bukan solusi. Yang harus dilakukan, bagaimana mencari akar masalah. Dengan begitu bisa diminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi," kata Jhon Gobay di Kota Jayapura, Jumat (21/10/2016).


Menurutnya, potensi terjadinya gesekan ketika Pilkada terkadang akibat dukungan partai serta masalah lainnya yang tak terselesaikan sebelum pelaksanaan Pilkada. Hal inilah yang harus diselesaikan.

"Jangan melihat dari sisi subjektifnya saja, tapi harus dilihat secara objektif dan mencari penyelesaiannya. Pengerahan pasukan bukan solusi," ucapnya.

Katanya, jika ada dukungan partai ganda, KPU sebagai pihak penyelenggara bisa objektif dalam menentukan dukungan yang sah. Pengurus partai juga harus bijaksana dan memberikan klarifikasi ke KPU.

"Pengurus partai harus jujur memberikan keterangan kepada KPU rekomendasi mana yang sah dan diberikan kepada kandidat siapa. Selain itu, masyarakat jangan terprovokasi dengan berbagai isu menjelang Pilkada," katanya.

Terpisah, legislator Papua, Orwan Tolli Wone mengatakan, Pilkada serentak 2017 adalah agenda nasional yang harus disukseskan semua komponen. Baik pemerintah, aparat keamanan hingga masyarakat.

"Jangan memanfaatkan Pilkada untuk kepentingan pribadi, kelompok dan lainnya. Semua pihak harus peduli dan merasa punya tanggungjawab melaksanakan Pilkada," kata Orwan. (*)

Baca juga:
  1. Pilkada Enam Kabupaten di Papua Gunakan Sistem Noken
  2. Otis Tabuni: Pemilukada Papua Jangan Korbankan Rakyat Lagi


Copyright ©Tabloid JUBI

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top