Bertemu Menhan Australia, Ryamizard Ajak Tegur Negara Pendukung Papua Merdeka
Menteri Pertahanan, Ryamizard.
Jakarta -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu akan mengajak Australia menegur negara-negara pendukung Papua Merdeka. Ryamizard direncanakan bertemu dengan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne dalam pertemuan two plus two (pertemuan menteri luar negeri dan menteri pertahanan dua negara) di Bali pada 28 Oktober besok. 

Kata dia, dukungan pada kemerdekaan Papua merupakan bentuk intervensi terhadap kedaulatan Indonesia

"Dan saya juga akan sampaikan kepada Australia, agar ya sama-sama kita menegur sajalah. Negara-negara yang mengajak-ngajak Papua merdeka, nggak benar, nanti saya akan sampaikan, nggak benar. Tahun lalu saya sudah bilang, saya tidak akan pernah ikut-ikut campur negara lain, negara-negara lain tidak boleh ikut-ikut campur," kata Ryamizard di Kantor Staf Presiden, Kamis (27/10/2016).

Sebelumnya dukungan kepada kemerdekaan Papua kencang disuarakan oleh negara-negara di Kepulauan Pasifik, di antaranya Fiji, Vanuatu, dan Kepulauan Solomon.


Dalam pertemuan di Bali besok, Menteri Pertahanan bakal mendiskusikan juga tentang Laut China Selatan serta masalah terorisme. Selain itu, Ryamizard mengaku bakal diundang untuk melihat pangkalan militer Australia.

"Menteri pertahanan mereka itu akan mengajak saya melihat tempat-tempat militernya termasuk di Darwin, tempat ada marine, dia akan mengajak ke sana. Itulah keterbukaan dia," lanjut dia.

Nonton ini: Full Video, Negara-negara Pasifik Angkat Masalah Papua di PBB



Copyright ©KBR
 
Top