Rakyat Papua Melakukan Ibadah Syukuran atas Deklarasi PCWP dan Mendukung KTT PIF

Share Story

KNPB bersama rakyat Papua saat lakukan ibadah syukuran atas deklarasi PCWP dan mendukung Pertemuan PIF.
Jayapura, Papua 09/09/2016.
Jayapura, Tabloid-WANI — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media rakyat kembali memediasi rakyat Papua untuk melaksanakan Ibadah dukungan atas pertemuan Pasific Island Forum (PIF) di Pohnpei Negara Federasi Mikronesia pada tanggal 7-11 September 2016.
Dalam ibadah ini juga rakyat Papua menyampaikan banyak terima kasih kepada negara-negara Pasifik yang bergabung dalam Koalisi Pasific untuk Papua Barat atau Pasific Coalition For West Papua (PCWP) yang telah melaksanakan pertemuan pada tanggal 2-6 September 2016 di honolulu Hawaii.
Ibadah mendukung KTT PIF dan pengucapan syukur atas koalisi negara-negara Pasifik untuk Papua Barat atau (PCWP) ini dilaksanakan di halaman asrama Uncen Rusunawa Perumna III Waena Jayapura, Papua. Ibadah ini dimulai pada pukul 14:20 WIT hingga selesai pada Jam 17:40 WIT.

Lihat berikut ini:
Ibadah singkat dipimpin oleh Pdt. J Jitmau. Dalam penyampaikan firman, Pdt mengambil dari Kidung Agung pasal 1:5 dan Imamat pasal 25:13.
Saat khotbahnya, Pdt J. Jitmau menegaskan “Orang Papua tidak perlu merasa minder dan takut untuk terus memperjuangkan tanah yang Tuhan berikan ini. Karena Tuhan berikan tanah masing-masing kepada umatnya punya maksut dan tujuan. Oleh karena itu rakyat Papua harus berjuang untuk merebut tanah ini (Papua)” tegasnya.
Setelah ibadah selesai, dilanjutkan dengan pernyatan dukungan rakyat Papua terhadap KTT PIF di Pohnpei Negara Federasi Mikronesia, oleh Ketua I KNPB pusat Agus Kossay.
Kemudian membacakan ucapan terima kasih rakyat Papua atas koalisi negara-negara Pasifik untuk Papua Barat atau (PCWP) dibacakan oleh sekertaris I KNPB pusat Mecky Yeimo.
Usai pernyataan dukungan KTT PIF dan ucapan terima kasih kepada PCWP, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Ketua I KNPB pusat Agus Kossay dalam sambutanya mengatakan
“Perjuagan bangsa Papua untuk menutut hak penetuan nasib sendiri bukan perjuagan hanya di dalam negeri saja, namun telah pada dunia Internasional. Saat ini perjuagan Papua sudah didukung oleh saudara-saudari kita di Pasifik Selatan, mulai dari Melanesia, Mikronesia dan Poleniasia. Melihat perkembangan ini menunjukan bahwa kami tidak sendirian, namun semua orang sedang mendukung perjuangan rakyat Papua” ujar Ketua I KNPB pusat.
Lihat berikut juga:
Dalam ibadah ini, bangsa Papua sambut baik dan menyampaikan banyak terima kasih atas pertemuan Koalisi Pasifik untuk Papua Barat, terlebih khusus kepada Rebuplik Nauru, Kerajaan Tonga, Rebuplik kepulauan Marshal, Vanuatu dan Pemerintah Kepulauan Salomon serta Organisasi Sipil, Gereja dan seluruh rakyat Pasifik atas dukungan anda sekalian melalui Pasific Coalition for west Papua (PCWP) di Honolulu Hawai.
Rakyat Papua dari Sorong sampai Merauke dan di luar negeri mendukung penuh KTT Pasific Island Forum (PIF ) yang ke-47 di Pohnpei Negara Federasi Mikronesia, dengan harapan para peminpin PIF meperhatikan Hak Penetuan Nasib Sendiri bagi bangsa Papua Barat sesuai dengan resolusi majelis umum PBB nomor 1514 dan 1541.
Ketua I KNPB pusat Agus Kosay menabahkan, rakyat Papua Barat segera menyipkan diri untuk turun jalan menggelar demontrasi damai menuntut referendum menyambut sidang tahunan PBB dalam waktu dekat.
Pada pukul 16:30 WIT, parnyatan dukungan dan sambut PCWP yang bacakan KNPB pusat telah diserahkan kepada PNWP sebagai lembaga politik bangsa Papua Barat yang juga adalah salah satu wadah yang membentuk ULMWP.
Berikut pernyataan dukungan dan ucapan terima kasihnya:
  1. Kami bangsa Papua Barat sambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Rebuplik Nauru, Kerajaan Tonga, Rebuplik Kepulauan Marshal, Vanuatu dan Pemerintah Kepulauan Salomon atas tebentuknya Pasific Coalition for west Papua (PCWP) di Honolulu Hawaii. 
  2. Kami rakyat Papua Barat mendukung penuh pertemuan Pasific Island Forum (PIF) yang ke-47 di Pohnpei Negara Federasi Mikronesia, dengan harapan para peminpin PIF dapat meperhatikan Hak Penetuan Nasib Sendiri Bagi Bangsa Papua Barat sesuai dengan resolusi majelis umum PBB nomor 1514 dan 1541.
  3. Medesak kepada PBB segera mengirim tim pemantau Hak Penetuan Nasib Sendiri sesuai dengan deklarasi Westminster (International Supervised Vote For West Papua) pada 3 Mei 2016 di Inggris. Karena pelaksanaan Pepera atau (act of free choice) tahun 1969 cacat hukum dan moral serta melanggar prinsip-prinsip act of free choice, dalam perjanjian New York Agreement 1962.

Statement politik atau pernyatan dukungan Rakyat Papua ini diteriama oleh Wakil Ketua PNWP Wilayah Saireri, dan Wakil ketua PNWP wilayah Ha Anim Ibu Panggresia Yem, didampigi oleh Anggota PNWP Rafael Nakime, Yohanes Puray serta Sem Asso bersama anggota PNWP lainya.

Lihat dan Baca BAIK: Data Fakta Sejarah Papua Barat
Setelah PNWP menerima pernyataan dukungan Rakyat Papua terhadap PIF, anggota PNWP wilayah Domberay Rafael Nakime mengatakan
“Bangsa Papua Barat memiliki hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain untuk menetukan nasib sendiri (self determination). Karena berdasarkan perjanjian New York Agreement, hak itu belum dilaksanakan secara konsisten oleh Indeonesia di bawah juridiksi hukum internasional. Untuk itu, rakyat Papua teruslah berjuang sebab hak kita belum dipenuhi oleh Indonesia sebagi anggota PBB “tegas anggota PNWP wilayah Domberay ini.
Lebih lanjutnya, Rafael mengatakan aspirasi dukungan yang disampaikan oleh KNPB mewakili bangsa Papua Barat ini kami akan melanjutkan sesui dengan mekanisme yang ada di PNWP.
Kemudian wakil ketua PNWP Wilayah Haa Anim Panggresia Yem mengatakan
“Kami bangsa Papua berjuang untuk hak politik yang dilanggar oleh Indonesia melalui PEPERA 1969 yang cacat hukum dan moral serta melanggar standar dan prinsip-prinsip hukum internasional. Oleh karena itu kami bangsa Papua barat mempunyai hak untuk menggugat Indonesia di mahkamah Internasional karena Indonesia tidak patuhi prinsip hukum internasional” tegas Panggresia Yem.
Dalam momen ini tidak hanya melakukan ibadah syukuran PCWP dan dukungan pertemua PIF, namun ada beberapa vocal grup musik telah mengisi kegiatan ini.
Semua rangkaian kegiatan selesai pada pukul 17:40 WIT dan masa membubarkan diri secara aman dan tertib.

Berikut foto-foto saat Ibadah
Rakyat Papua Melakukan Ibadah Syukuran atas Deklarasi PCWP dan Mendukung KTT PIF
KNPB bersama rakyat Papua saat lakukan ibadah syukuran atas deklarasi PCWP dan mendukung Pertemuan PIF. Jayapura, Papua 09/09/2016.
Rakyat Papua Melakukan Ibadah Syukuran atas Deklarasi PCWP dan Mendukung KTT PIF
Rakyat Papua Melakukan Ibadah Syukuran atas Deklarasi PCWP dan Mendukung KTT PIF
Rakyat Papua Melakukan Ibadah Syukuran atas Deklarasi PCWP dan Mendukung KTT PIF
KNPB bersama rakyat Papua saat lakukan ibadah syukuran atas deklarasi PCWP dan mendukung Pertemuan PIF. Jayapura, Papua 09/09/2016.
Rakyat Papua Melakukan Ibadah Syukuran atas Deklarasi PCWP dan Mendukung KTT PIF
KNPB bersama rakyat Papua saat lakukan ibadah syukuran atas deklarasi PCWP dan mendukung Pertemuan PIF. Jayapura, Papua 09/09/2016.

Posted by: ERIK
Copyright ©Tabloid WANI | KNPB News


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.