Komnas HAM: Tentara Pembunuh Theys Eluay Jadi Ka BAIS TNI itu Menyakitkan!

Share Story

Komnas HAM: Tentara Pembunuh Theys Jadi Ka BAIS TNI itu Menyakitkan!
Masyarakat Papua saat mengatar jenazah tokoh Papua, Theys Hiyo Eluay di Distrik Sentani, Jayapura, Papua.
Jakarta, Tabloid-WANI — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan investigasi terhadap kasus pembunuhan Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) Theys Hiyo Eluay pada 2001 lalu masih berlangsung. 
Ketua Komnas HAM Nurcholish mengatakan tim investigasi mereka sudah bekerja selama 2 bulan.
“Kasus Theys dan beberapa kasus yang di Papua, itu komitmennya dengan pemerintah dicoba diselesaikan. Pemerintah membuat tim Gugus Papua dan Komnas HAM juga membuat tim sendiri. Perkembangan yang di Kemenko Polhukam itu seperti apa kita kurang tahu,” jelas Nurcholis saat dihubungi KBR, Rabu (21/9/2016).
Atas dasar itu, Nurcholish menyayangkan pengangkatan Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen Hartomo sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI karena kasus pembunuhan Theys masih dalam investigasi Komnas HAM.
Hartomo merupakan salah satu dari empat terpidana pembunuh Theys Hiyo Eluay. Dalam sidang Mahkamah Militer Tinggi III di Surabaya pada 2003, Hartomo divonis 3,5 tahun penjara serta sanksi pemecatan. 
Saat peristiwa pembunuhan Theys, Hartomo berpangkat Letnan Kolonel dan menjabat Komandan Satgas Tribuana X di Jayapura, Papua.

Copyright ©KBR.ID

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.