Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis Menjadi Anggota Penuh PIF

Share Story

Presiden Kaledonia Baru, Philippe Germain, dan presiden Polinesia Prancis, Edouard Fritch, setelah wilayah mereka mengaku sebagai anggota penuh dari Forum Kepulauan Pasifik.
Pohnpei, Tabloid-WANI — Pemimpin di KTT PIF di Pohnpei telah setuju untuk memberikan Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis menjadi anggota penuh di PIF.

Anggota dari Wilayah Prancis tersebut telah bersaing selama bertahun-tahun untuk menjadi keanggotaan penuh, yang dimaksudkan untuk menuju negara yang merdeka.

Keputusan itu dibuat secara bulat oleh 16 negara-negara anggota Forum (PIF).

Dalam sebuah pernyataan, presiden Polinesia Prancis, Edouard Fritch, menyebut keputusan bersejarah, mengatakan akan melihat keterlibatan yang lebih besar dari wilayah Perancis Pasifik dalam urusan daerah.

Penggabungan Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis didukung oleh Perancis, serta dua anggota terbesar forum ini, yaitu Australia dan Selandia Baru.

Namun, ada beberapa kekhawatiran yang diungkapkan di masa lalu yang termasuk wilayah akan menyebabkan perambahan Perancis ke dalam kebijakan regional, terutama mengingat warisan pengujian nuklir.

Ada juga beberapa oposisi di dalam wilayah. Di Kaledonia Baru, beberapa adat Kanaks menentang integrasi sebelum referendum yang kemungkinan kemerdekaan direncanakan untuk 2018.

Di Polinesia Perancis, aktivis kemerdekaan yang dipimpin oleh Oscar Temaru menentang integrasi di bawah kolonialisme.

Wilayah lain Perancis di wilayah tersebut, Wallis dan Futuna, akan tetap pengamat di Forum.

Tetapi masuknya Kaledonia Baru dan Polinesia Perancis telah menimbulkan pertanyaan tentang status dari wilayah-wilayah lainnya di Pasifik, seperti Guam, Samoa Amerika dan masalah pelik di Papua Barat.


Papua Barat telah dibahas pada pertemuan puncak para pemimpin ‘, tetapi mereka sepakat untuk mengakui kepekaan politik dan bahwa masalah dugaan pelanggaran hak asasi manusia harus tetap pada agenda.

——————————–
Translator tools:
Google
Microsoft

Posted by: ERIK
Copyright ©RadioNz


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.