Kepada Gubernur Papua, Sultan Tegaskan Larangan Gerakan Separatis di Yogya

Share Story

Kepada Gubernur Papua, Sultan Tegaskan Larangan Gerakan Separatis di Yogya
Gubernur Papua, Lukas Enembe di Yogyakarta. Foto: Ahmad Mustaqim

Yogyakarta, Tabloid-WANI — Gubernur Papua Lukas Enembe menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu, 3 Agustus. Pertemuan terkait insiden di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan I, Jalan Kusumanegara, beberapa waktu lalu.


Dalam pertemuan itu, Sultan menegaskan tidak boleh ada gerakan sparatis di Yogyakarta. “Kalau separatis memang tidak boleh,” ujar Gubernur Papua, Lukas Enembe menirukan pernyataan Sultan.

Baca juga: 

  1. Gubernur Papua dan Rombonganya akan Bertemu dengan Mahasiswa Papua di Yogyakarta
  2. Tatap Muka Dengan Gubernur Papua, Sultan Jogja: No Separatist
  3. Hasil Pertemuan DPR Papua dengan Sultan di Yogyakarta

Pertemua Gubernur Enembe dengan Raja Yogyakarta itu berlangsung di Keraton Kilen, Keraton Yogyakarta. Kepada Enembe, Sultan mengatakan Yogyakarta yang pernah menjadi ibu kota negara, tidak bisa dijadikan tempat menyampaikan aspirasi untuk menuntut kemerdekaan Papua. Meskipun, kebebasan menyampaikan pendapat dilindungi oleh konstitusi.

“Yogya adalah Indonesia, kata dia (Sultan). Jika menyampaikan ekspresi itu harus di dalam (Asrama Mahasiswa Papua) Kamasan. Jangan keluar,” ujar Enembe.

Selain hal itu, kata Enembe, Sultan menjamin keamanan mahasiswa Papua. Namun, lanjutnya, para mahasiswa diminta bisa memahami dan menyesuaikan kultur masyarakat di Yogyakarta.

“Mereka (mahasiswa Papua) datang untuk sekolah. Utamakan pendidikan,” ujarnya.

Pertemuan antara Sultan HB X dengan Enembe sempat hendak mengajak delapan orang yang merupakan rombongan dari tim tamu. Dari delapan orang itu, dua di antaranya adalah dua perwakilan mahasiswa Papua, yakni Sekretaris Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMP) DIY, Ruben Frasa; dan Ketua IPMP Bogor, Yunus Gobai.

“Pertemuan hanya dilakukan berdua (Sultan dan Enembe). Kami menunggu di luar tadi,” kata Ruben.

Copyright ©MetroTV News


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.