PM Vanuatu Menarik Solidaritas Melanesia di Papua Barat

Share Story

PM Vanuatu Menarik Solidaritas Melanesia di Papua Barat
Dari kiri ke kanan; Sekretaris MSG, Rence Sore, Penasihat Hukum untuk Sekretariat MSG, Ilan Kiloe, Sekretariat Direktur Jenderal MSG, Amena Yauvoli, Ketua MSG, Perdana Menteri Manasye Sogavare dan Sekretaris Perdana Menteri, Joesph Waleanisia. Foto: Kepulauan Solomon Pemerintah
Honiara, Tabloid-Wani — Perdana Menteri Vanuatu mengatakan kelompok Spearhead Melanesia Group (MSG) harus bersatu untuk mengatasi perpecahan dalam kelompok MSG untuk Papua Barat.

Pada KTT Honiara beberapa waktu mendatang, di tengah lobi-lobi intensif oleh Indonesia, para pemimpin MSG menangguhkan keputusan tentang aplikasi Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) untuk menjadi anggota penuh sementara kriteria keanggotaan yang memadai dikembangkan.

Charlot Salwai mengatakan sejak kriteria keanggotaan tahun lalu telah dikembangkan yang menetapkan tentang keanggota penuh menjadi negara Melanesia.

Namun, kata Salwai salah satu anggota penuh MSG, gerakan FLNKS Kanak Kaledonia Baru, bukan negara tapi sebuah gerakan calon politik untuk kemerdekaan.

Ini, kata dia, menetapkan preseden bagi Papua Barat untuk memiliki keanggotaan penuh.
Baca juga:

  1. Momen Menuju MSG Bulan September Mendatang di Vanuatu
  2. Vanuatu dan FLNKS Pertahankan Dukungannya untuk Papua Barat
  3. Keputusan MSG Diterima dan ULMWP tetap Optimis 
  4. KNPB Wilayah Walak Lakukan Aksi Dukung ULMWP Menjadi Keanggotaan Penuh dalam MSG

Dia mengatakan sekretariat dan komite keanggotaannya telah bertugas dengan datang dengan kriteria yang baik mencerminkan prinsip dasar MSG, yaitu untuk membantu menentukan nasib sendiri dari bangsa Melanesia.

“Kita harus memahami dan menemukan cara untuk mendukung saudara-saudara kita dari Melanesia untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.”

“Mereka ingin menentukan nasib sendiri jadi mengapa kita mendukung FLNKS dan bukan ULMWP? Jika kita percaya dalam budaya Melanesia, kita tidak boleh berpaling, tapi terus bersatu, karena manfaat dari memiliki MSG besar bagi negara-negara Melanesia,” lanjutnya.

Copyright ©Radio Nz


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.