MSG Tunda Keputusan Keanggotaan ULMWP

Share Story

MSG Tunda Keputusan Keanggotaan ULMWP
Suasana pertemuan MSG di Kepulauan Solomon. Foto: WANI/Victor Y.)

Honiara, Tabloid-Wani — Melanesian Spearhead Group (MSG) menunda Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat untuk menjadi anggota penuh. Pertemuan yang MSG yang brlangsung di Kepulauan Salomon itu, berakhir hari ini.

Ketua Komite Nasional Papua Barat Victor Yeimo melalui akun media sosial Facebook’nya menyampaikan, keputusan ditunda hingga berlangsungnya special summit MSG sebelum September mendatang di Vanuatu.

Kata Victor, penundaan lantaran definisi keanggotaan yang belum dirumuskan dengan benar.

“Belum dirumuskan secara benar untuk menjamin lamaran ULMWP agar diterima. Definisi yang ada bukan saja untuk mengatasi ULMWP namun mengancam keanggotaan FLKNS sebagai anggota pendiri. Ini hanya sebuah penundaan,” ujar Victor, Kamis (14/07/2016).

Baca juga:

  1. Apapun Keputusan MSG, KNPB Bersyukur

Victor melanjutkan, tiga anggota MSG yang selama ini dukung ULMWP akan segera membuat perjanjian. Perjanjian itu selain untuk memperjuangkan ULMWP menjadi anggota penuh, juga menggalang kekuatan membantu bangsa Papua menuju hak penentuan nasib sendiri.

Victor menyebut perjanjian akan diteken Perdana Menteri Solomon Islands, PM Vanuatu, Ketua FLKNS, dan sekjen ULMWP. Kata dia, besok di Honiara, digelar pertemuan khusus sejumlah anggota MSG dan PIDF dari Polinesia dan Mikronesia.

MSG Tunda Keputusan Keanggotaan ULMWP
Saat setelah pertemuan MSG di Kepulauan Solomon. Foto: WANI/Victor Y.)

Editor: M. WALELA


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.