Jelang Putusan MSG, KNPB Optimistis ULMWP Diterima Jadi Anggota MSG

Share Story

 Jelang Putusan MSG, KNPB Optimistis ULMWP Diterima Jadi Anggota MSG
Sekretaris Umum Komite Nasional Papua Barat, Ones Suhuniap.
Jakarta, Tabloid-Wani — Sekretaris Umum Komite Nasional Papua Barat, Ones Suhuniap optimistis, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Gerakan Bersatu Pembebasan Papua Barat akan diterima menjadi anggota tetap Melanesian Spearhead Group (MSG). Putusan terhadap ULMWP ini akan diumumkan petinggi MSG pada 13-14 Juli 2016 ini di Solomon Island.

Menurutnya, ULMWP telah memenuhi mekanisme yang disyaratkan MSG, yakni membentuk wadah persatuan seperti ULMWP dan menjadi anggota observer MSG selama setahun terakhir.

“(Yakin akan diterima?) Kami kemarin tahun 2015 diterima sebagai observer itu suatu pengakuan, bahwa kita ini suatu bangsa yang berbeda dengan bangsa lain. Apapun nantinya hasil keputusan pimpinan MSG, kami sangat mendukung. Karena sekalipun, kecuali sebelumnya, tapi sekalipun kami di observer sementara itu suatu bentuk pengakuan bahwa kami adalah suatu bangsa dan bagian dari melanesia. Jadi apapun nanti hasilnya kami akan diterima jadi anggota full member atau tetap di observer atau jadi asosiasi ya itu bagian dari hasil perjuangan kita dan itu kebanggaan kami karena sejarah,” kata Ones kepada KBR (10/7/2016)

Kata dia, jika nantinya permohonan itu diterima MSG, maka ULMWP akan memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri di Luar Indonesia.

“Kalau misalnya kita diterima jadi full member, berarti kita sebagai full member, maka pengakuan akan datang bahwa kita ini suatu bangsa yang punya hak menentukan nasib sendiri di luar indonesia,” ujarnya.

Ones menambahkan, pihaknya juga melakukan persiapan untuk aksi damai dukungan yang akan dilakukan di Papua pada 13 Juli mendatang.

“Aksi damai seperti aksi-aksi sebelumnya. (Diberapa lokasi?) seluruh Papua,” pungkasnya.

Copyright ©kbr.id


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.