Indonesia: Waspadai Potensi Papua Merdeka

Share Story

Indonesia: Waspadai Potensi Papua Merdeka
Luhut Pandjaitan
Jakarta, Tabloid-Wani — Indonesia mewaspadai gerakan separatis sebagai bagian dari upaya Papua Merdeka. Ada upaya kelompok separatis melaui NGO (LSM) yang ingin masuk dalam pertemuan tingkat tinggi Kelompok Negara-negara Melanesia di kepulauan Salomn, 14-16 Juli 2016.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Pandjaitan, menyatakan hal tersebut tadi malam. “Ada upaya-upaya dari kelompok separatis, tujuannya mereka ingin masuk tetapi mereka kan bukan negara, hanya NGO. Ya tidak bisalah,” ujarnya.

Sekitar dua bulan lalu dia memimpin perjalanan safari ke Papua Nugini dan Fiji untuk menyampaikan paket asistensi Indonesia. Itu juga menjadi satu upaya diplomasi internasional Indonesia di kawasan lingkar Pasifik.

Pandjaitan merujuk pada kelompok bernama Gerakan Pembebasan Papua Barat (UMLWP) yang ingin bergabung dalam MSG, di mana Indonesia salah satu anggota tidak tetap.

Dalam upaya menaikkan status dari kelompok peninjau menjadi anggota penuh MSG, UMLWP dianggap tidak memiliki legitimasi dan tidak mewakili masyarakat Papua.

Menurut Pandjaitan, tudingan Indonesia kerap menganaktirikan Papua dengan tidak mengindahkan kasus-kasus pelanggaran HAM di sana, sudah tidak terbukti.

Pemerintah, sebagaimana dia katakan, mengupayakan penanganan dan penyelesaian masalah HAM di Papua secara holistik melalui pembentukan tim terpadu yang bertugas menghimpun data, informasi, dan analisa.

Untuk mendukung proses penyelidikan yang transparan, Pandjaitan mengundang Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Trevor Matheson, Duta Besar Solomon untuk Indonesia, Salana Kalu, Dubes Fiji untuk Indonesia, ST Cavuilati, dan Duta Besar Papua Nugini untuk Indonesia, Peter Ilau, sebagai pengamat.

Copyright ©NetralNews


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.