0
Mengatasi Kepanikan Indonesia Terhadap Pergerakan ULMWP, Pemerintah Diminta Bentuk Organisasi Tandingan MSG
Pakar Hubungan Internasional Teuku Rezasyah. Foto: republika
Jakarta, Tabloid-Wani -- Pemerintah Indonesia disarankan membentuk organisasi Melanesia tandingan, untuk melawan organisasi Melanesia di Pasifik Selatan. Menurut Pakar Hubungan Internasional Teuku Rezasyah, dukungan anggota Melanesia kepada Gerakan Pembebasan Papuan Barat (ULMWP) mengganggu kedaulatan Indonesia.

Pemerintah, kata dia harus berani mengambil tindakan tegas terkait hal tersebut. Salah satunya, dengan membuka dialog dengan kepala negara Pasifik Selatan soal status ULMWP.

"Kita harus berani ngadu. Mereka bikin Melanesia Brotherhood, kita bikin Melanesia Society. Kita gabungkan yang di Papua, Maluku, Halmahera, stoknya Melanesia, dan lebih banyak dibandingkan Pasifik Selatan. Perang organisasi harus dilawan dengan perang organisasi oleh Indonesia," kata Rezasyah kepada KBR, Kamis (14/7/2016).
Mengatasi Kepanikan Indonesia Terhadap Pergerakan ULMWP, Pemerintah Diminta Bentuk Organisasi Tandingan MSG
Dukungan pemerintah Kepulauan Solomons bersama rakyatnya untuk ULMWP menjadi keanggotaan penuh di MSG 14/07/2016. Foto: Victor Y
Reza menilai status ULMWP sebagai Observer di MSG memalukan Indonesia. Hal itu merusak kedaulatan.

"Yang dikuatirkan sekarang, apa Indonesia sadar, ini kan langkah mendiskreditkan Indonesia. Jadi nanti bukan hanya observer tapi jangan-jangan bisa memberikan input," tutur Reza.

Reza juga mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati jika kasus ini dibawa menjadi isu internasional.

"Jangan sampai ini jadi isu internasional, karena mempermalukan Indonesia. Sebelum jadi api, kita cegah baranya dulu," ujarnya.




Copyright ©kbr.id


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini...!!!

Post a Comment

 
Top