Pendapat Amin Rais Tentang Perjuangan Kemerdekaan Papua

Tokoh Muhamidah Amin Rais: Papua Pasti Akan "Merdeka"
Amien Rais - Foto: merdeka.com

Oleh: Prof Amien Rais

Tabloid WANI -- Prof Amien Rais, tokoh Muhammadiyah yg juga mantan ketua MPR RI dalam wawancara dengan Metro Tv diacara Kick Andy, empat tahun lalu, menyampaikan pengamatannya terkait pergerakkan Papua merdeka. Prof Amien mengatkan, ia sudah menjelajahi internet dan menemukan perkembangan yg signifikan tentang perjuangan Papua merdeka dan mencapai kesimpulan bahwa Papua akan lepas dari Indonesia.

Kesimpulannya itu didasarkan pada empat hal:
  1. Persoalan Papua sudah menjadi persoalan negara-negara Afrika
  2. Perjuangan Papua memiliki jaringan kerja yg hebat. Mereka memiliki intelektual networking dari sydney sampai Harvard, Cambrigde, dll
  3. Jika isu Papua dapat dibawah sampai ke komisi dekoloniasasi PBB maka indonesia sudah tak bisa buat apa-apa
  4. Jika Aceh bisa memakai pihak ke tiga, jika Tim-Tim bisa referendum mengapa, Papua tidak.
Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Prof. Dr. Adnan Buyung Nasution, seorang pakar hukum, Advokad dan aktifis, yang baru saja meninggal pada September tahun lalu. Menyatakan bahwa Papua lama atau cepat pasti akan merdeka. Karena Indonesia gagal merebut hati orang Papua. Alasannya memang praktis sekali, mungkin ini berhubungan dengan tugas-tugasnya sebagai seorang pengacara yang sering membela orang lemah. Kawan karib dari Pdt Yusuf Ronni ini, adalah pribadi yg dikenal tidak hanya oleh kalangan elit tetapi juga wong cilik.


Apa yg disampaikan Amin Rais tentang dukungan negara-negara Afrika itu benar. Sebagaimana kita tahu bersama bahwa Benny Wenda telah mendapat sambutan yg luar biasa dalam kunjungannya ke Ghana atas undangan resmi Pemerintah Ghana untuk menghadiri ulang tahun negara tsb. Setelah itu Benny diwawancara live selama 1 Jam di TV 3 untuk menjelaskan perjuangannya bagi rakyat Papua. Dukungan sebelumnya juga sudah datang dari Uskup Desmon Tuttu dan keluarga Nelson Mandela di Afrika Selatan. Minggu ini Isu Papua akan dibahas dalam pertemuan Afrika, Caribia dan Pasifik (ACP) pada di Brussel untuk dibawakan pada pertemuan bersama Parlemen Uni Eropa pada oktober mendatang.


Lebih jelasnya anda dapat menonton video berikut ini...

Amin Rais Tetang Papua Merdeka di Metro TV


Baca juga: Pak, Beri Papua Referendum, Nanti Bagus!


Posted by: Admin
Copyright ©Tabloid WANI | Facebook.com/Jonathan.Tjoe


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini...!!!
 
Top