Luhut Melarang Penanganan HAM Papua Ditangani Tim Independen Internasional

Share Story

Luhut Melarang Penanganan HAM Papua Ditangani Tim Independen Internasional
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan
Manokwari, Tabloid-Wani — Ada permintaan sebagian orang agar upaya penuntasan HAM di Papua dilakukan oleh tim independen internasional. Jelas sekali, Pemerintah Indonesia tidak akan membolehkannya karena negara ini berdaulat penuh dan bisa mengurusi masalahnya sendiri.
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan hal itu di Manokwari hari ini Sabtu (18/6/2016).
“Di Australia punya kasus HAM terhadap disebakan perlakuan pemerintah terhadap suku Aborigin. Bagaimana mereka menyelesaikanya, tidak lebih baik dari kita. Jadi orang lain jangan ngajarin kita menyelesaikan masalah,” kata Luhut yang belum lama berselang pergi ke benua kanguru menjelaskan soal HAM di Indonesia termasuk Papua.
Namun biar lebih obyektif, Luhut atas nama pemeritah Indonesia mengundang duta besar Papua New Genea, Viji, Solomon dan Selandia Baru ikut memantau penanganan kasus hak asasi manusia di Papua.
Luhut menginginkan para duta besar ini melihat proses penanganan kasus sejak awal dan menegaskan seluruh tahap investigasi dilakukan secara transparan. Tim penanganan HAM Papua, katanya, telah terbentuk dan terdiri dari orang-orang yang kredibel dari Komnas HAM, Kejaksaan, dan pengamat.
“Delapan di antara pengamat dari Papua. Ini ada permintaan lagi satu pengamat dari Papua Barat. Saya minta Pak Gubernur merekomendasikan siapa yang akan masuk dalam tim,” kata Luhut.
Luhut menegaskan tak ingin negara lain melihat Indonesia sebagai negara primitif yang tak berdaulat dan dia berharap para pemuda menyadari soal ini.
“Tidak ada satu pun negara di dunia ini yang bisa dikte kita. Kita kaya, kalau diatur secara bagus, dengan cara kepemimpinan bapak Presiden Joko Widodo, yang sederhana, mau mendengar pendapat orang dan berani mengambil keputusan, saya yakin lima tahun ke depan Indonesia akan menjadi negara hebat,” kata Luhut.

Copyright ©NetralNews


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

2 Comments

  1. Sudah terlambat Bung Luhut….mau di tawarkan apapun seenak apapu saya kira orang papua sudah tidak akan menerima karena orang papua sudah sakit dan tersiksa.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.