3
Perempuan Papua : Poligami Penting Untuk Selamatkan Papua Dari Kepunahan
Ciska Abugau Anggota MRP 
Tabloid-Wani -- Ciska Abugau, salah satu anggota Mejelis Rakyat Papua (MRP) dari Pokja perempuan menuturkan, sejak Papua dianeksasikan sebagai bagian dari Negara Kesatauan Republik Indonesia (NKRI), banyak Rakyat Papua telah menjadi korban kekerasan Militer Indonesia, oleh sebab itu generasi Papua perlu terapkan Budaya Poligami.

“Agar orang Papua tidak punah (Genosida) dari atas Negeri kita sendiri,” tutur Ciska disela-sela sambutan Acara Syukuran Wisudawan dan pengukuhan Mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Pamongpraja Muda, di di Gor Kampus Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN) Jatinangor, Bandung, Jawa Barat.
Namun, lanjut Ciska, laki-laki sebagai kepala keluarga harus bertanggung jawab untuk mengurus keluarganya, agar tidak menimbukan kekerasan dalam rumah tanggah, sesuai dengan apa yang masudkan dalam Pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT.
Lanjutnya lagi, bila kebiasan (Budaya) poligami tidak diterapkan oleh generasi muda Papua, orang Papua akan Punah (Genosida) dengan sendirinya dikemudian hari.

Menurut Ciska, jika melihat kenyataan di Papua, setiap harinya banyak orang asli Papua yang meninggal akibat dibunuh militer Indonesia, namun angkat kelahiran tidak meningkat.

“Selama ini yang terjadi penembakan di Papua, pihak terkait selalu ungkap bawah OTK, hal ini kami sebagai perwakilan Orang Asli Papua merasa kecewa dengan pernyataan ini, namun yang memiliki senjata adalah TNI/POLRI,” tutur Mama Ciska.

Mandos Mote, salah satu Mahasiswa Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) membenarkan ungkapan Mama Ciska Abugau, jika melihat kondisi Papua, faktanya memang demikian, karena dalam sebulan saja angka kematian selalu tinggi.

Mote menabah, Budaya poligami perlu diangkat, demi menyelematkan manusia dan alam Papua, walaupun hal tersebut bertentangan dengan hukum agama.






Posted by: Melqy s walela
Copyright ©WenasKobogau


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini...!!!

Post a Comment

  1. Ciska Abugau : Tidak Benar Jika Saya Katakan Laki-Laki Papua Harus Poligami : http://www.wenaskobogau.com/2016/06/ciska-abugau-tidak-benar-jika-saya.html

    ReplyDelete
  2. Kalau saya pribadi sangat tidak setuju dengan budaya poligami mau di terapkan di papua.Yang seharusnya di terapkan di Papua itu sebaiknya KB untuk OAP di hapuskan saja biarkan mama2 papua melahirkan generasi muda papua yang banyak.kalau untuk Poligami sebagai perempuan juga ada yang tidak suka di duakan atau ditigakan,untuk poligami laki2 sbg kepala keluarga jg hrs bertanggung jawab lah jangan asal bkn anak banyak2 tapi tdk bertanggung jawab shg yg di hasilkan ke dpn generasi muda papua yg jadinya pemabuk,pengangguran dan sebagainya lagipula sgt bertentangan dgn ajaran agama kita kristen so MRP pikirkan ini baik2.Jangan sampai "menghasilkan generasi muda Papua yang banyak tapi tdk berbobot ataukah generasi muda papua yg sedikit tapi berbobot".Kita tinggal pilih saja.

    ReplyDelete
  3. Boleh saja siterapkan di Papua, asal jangan sapai ada dampak buruk di balik poligami tersebut !!!

    ReplyDelete

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top