Eunike Pahabol : Dukung Papua Merdeka Untuk Selamatkan Potensi Olahraga di Papua

Share Story

Eunike Pahabol demo KNPB

Jayapura, WANI/Jubi- Aksi mendukung United Liberation Movement West Papua(ULMWP) jangan dilihat dari sisi negatifnya dianggap separatis. Tapi dukungan ini demi menyelamatkan potensi atlet dan olaraga di Tanah Papua.

“Mengapa saya menyampaikan mendukung ULMWP mewakili atlet dalam aksi yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) untuk Papua didaftarkan di Melanesia Spearhead Group(MSG),”kata Eunike Pahabol salah seorang atlet eks penjaga gawang Persipura saat bertandang ke redaksi Jubi, Senin(18/4/2016).

Dia mengatakan apa yang dibuat, jangan dianggap mendukung gerakan Papua merdeka, atau dianggap separatis . “Namun perlu saya sampaikan, jangan melihat dari satu sisi negatifnya. Karena apa yang saya buat ini demi menyelamatkan potensi, dan talenta anak-anak Papua maupun non Papua di Indonesia maupun di luar negeri,”katanya.



Dia mengatakan fakta hari ini, banyak generasi muda di Papua yang terjun dan jatuh ke dalam hal-hal negatif seperti minuman keras(miras),ganja, sex bebas dan tindakan kriminal lainnya. “Ini terjadi karena tidak adanya tempat mereka berekspresi atau hidup tanpa tujuan akhirnya mudah terjerumus ke hal-hal negatif,”katanya.

Dia mengatakan contohnya dalam sepak bola di Papua lahir secara alamiah, anak-anak kalau menangis kalau diberikan bola pasti diam. Ini kata Bahabol anak-anak di Papua sangat mencintai sepak bola.

“Namun adanya pembekuan PSSI oleh Menpora, hampir semua lapangan sepak bola yang dulu ramai anak-anak bermain bola sekarang sepi dan rumput tumbuh menutupi lapangan sepak bola,”kata mantan pelatih kiper SSB Emsyik Papua ini sedih seraya menambahkan semua itu karena tidak ada kompetisi.

Dia menjelaskan kalau Papua masuk di MSG itu pertanda positif karena serumpun dengan Papua dan satu daratan dengan Papua New Guinea(PNG) dan bisa berhubungan lewat transportasi darat. “Kalau kita ke Pulau Jawa butuh lima sampai enam jam dan untuk anak-anak Papua bermain bola di Jawa sulit karena jarak terlalu jauh, sehingga bisa bermain dengan tim-tim yang sudah dikenal,”katanya.

Kata Euneko Bahabol dengan adanya moment ini penting agar semua atlet yang ada di Papua bisa mengembangkan talentanya ke negara tetangga di PNG, Solomon dan Fiji serta Vanuatu sebagai olahragawan dan tak perlu mencurigai karena anak-anak Papua berprestasi di sana pasti itu merupakan kebanggaan juga untuk Indonesia.

Sebelumnya demonstrasi damai berlangsung di Papua sepanjang hari Rabu, 13 April 2016. Unjuk rasa untuk kali ini lebih dari biasanya. Kalau selama ini yang orasi hanya dari perwakilan mahasiswa, mama-mama Papua, aktivis Papua Merdeka dan lainnya, maka kali ini orasi dilakukan oleh pesebakbola Papua dan dosen Fisip Universitas Cenderawasih,Jayapura. Mereka berteriak Papua Merdeka di muka umum.

Seorang pesepakbola Papua bernama Eneko Pahabol dengan berani berdiri di depan 5.000 massa aksi yang memadati lapangan bola voli di samping sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa Uncen Jayapura dan menyatakan dukungan kepada The United Liberation for West Papua (-ULMWP, organisasi payung untuk semua organisasi pendukung Papua Merdeka) untuk menjadi anggota tetap Melanesian Spearhead Group (MSG), organisasi negara-negara Pasifik Selatan.

“Kami bisa berprestasi di tingkat nasional maupun nasional karena kami ini anak-anak asli tanah Papua,” tegas Eneko Pahabol disambut tepukan tangan yang meriah.



Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik (FISIP) Uncen Jayapura, Frans Kapisa dalam orasinya mengatakan dirinya mengapresiasi mahasiswanya yang selalu menyuarakan pembebasan di atas tanah Papua.

“Perlu kami sampaikan, bahwa Papua bukan lagi masalah Indonesia, bukan masalah domestik. Tapi, Papua sudah menjadi masalah Internasional,” teriaknya disambut tepukan tangan yang meriah.(*)

Posted by: Dominggus Mampioper
Copyright ©JujurBicara


Tanggapan anda, silahkan beri KOMENTAR

Silahkan beri KOMENTAR anda di bawa postingan ini…!!!

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.