PLN Bangun PLTU Biak untuk Dukung PON
Ilustrasi: PLTU
WANI/BeritaSatu, Biak - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Papua dan Papua Barat rencananya membangun pembangkit listrik tenaga uap di Kabupaten Biak untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di wilayah "Bumi Cenderawasih" itu.

General Manajer PLN Wilayah Papua dan Papua Barat Robert Sitorus di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk kebutuhan listrik selama PON, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral setempat.

"Selain di Biak, tahun ini jika pembangunan pembangkit listrik di daerah Holtekamp selesai, kapasitasnya bisa mencapai 50 megawatt, kita akan berusaha sampai 2020 sekitar 240 MW," katanya. Pihaknya belum mendapat data hal apa saja yang diperlukan selama PON dari pemerintah daerah setempat.

"Seharusnya pemerintah daerah sudah mengetahui angka pasti mengenai kebutuhan listrik untuk pelaksanaan PON tersebut, sehingga PLN bisa siap," ujarnya. Akan tetapi, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan PON 2020 di wilayah Papua.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Bangun Manurung mengatakan kebutuhan listrik saat pelaksanan PON XX 2020 di wilayah setempat diprediksi mencapai 60 MW.

"Pemerintah Provinsi Papua akan mengusahakan agar kebutuhan tersebut bisa dipenuhi oleh berbagai pihak, terutama pihak swasta," katanya. Pihaknya tidak bergantung ke PLN soal pasokan listrik, namun juga mengharapkan dari investor. Akan tetapi, investor juga akan melihat prospek itu karena ada perhitungan ekonomis, kepastian jangka panjang, lahan dan lain sebagainya. "Jadi banyak tantangan buat investor," katanya.




Posted by: Euis Rita Hartati/ERH
Copyright ©BeritaSatu



Tanggapan anda, silahkan beri KOMENTAR
Silahkan beri KOMENTAR anda di bawa postingan ini...!!!
 
Top